kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45956,61   8,16   0.86%
  • EMAS1.017.000 0,30%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Penajam Paser Utara jadi Ibu Kota, Tol Balikpapan-Samarinda siap beroperasi


Senin, 26 Agustus 2019 / 17:19 WIB
Penajam Paser Utara jadi Ibu Kota, Tol Balikpapan-Samarinda siap beroperasi
ILUSTRASI. Lahan Tahura Bukit Soeharto di sisi Jalan Tol Balikpapan-Samarinda


Reporter: Ragil Nugroho, SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Teka-teki soal siapa yang bakal jadi Ibu Kota RI yang baru terjawab sudah. Presiden Joko Widodo memilih sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai lokasi pengganti Jakarta.

Pemilihan Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara lantaran masuk dalam kriteria yang pemerintah tetapkan. Misalnya, dekat dengan kota yang telah ada. Ibu Kota baru tersebut dekat dengan Kota Balikpapan dan Samarinda yang telah memiliki infrastruktur.

Pemerintah juga sudah punya lahan yang cukup di daerah itu untuk pembangunan tahap awal. "Lahan seluas 180.000 hektare (ha) yang dikuasai pemerintah," kata Presiden saat mengumumkan lokasi Ibu Kota yang baru di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8).

Baca Juga: Jokowi: Ibu kota baru sebagian di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kaltim

Tambah lagi, pemerintah sedang membangun Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Danang Parikesit, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), mengungkapkan, proyek ini sebentar lagi kelar pengerjaannya.

"Laporan terakhir dari PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) selaku pemrakarsa memastikan, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda akan segera rampung pengerjaannya. Rencanannya, jalan tol ini beroperasi pada akhir tahun nanti," ujarnya kepada KONTAN beberapa waktu lalu.

Skema proyek Tol Balikpapan-Samarinda adalah kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU), dengan nilai investasi mencapai Rp 9,9 triliun. Saat ini, progres konstruksi Seksi I dan Seksi V mencapai 92,91%. Sedang Seksi II, Seksi III, dan Seksi IV sudah 92,51%.

Baca Juga: Mengenal Penajam Paser Utara, Ibu Kota baru

Kehadiran jalan bebas sepanjang 99,02 kilometer tersebut, Danang berharap, bisa memangkas biaya logistik pendistribusian barang dan jasa. Soalnya, "Perjalanan antarkedua wilayah dapat ditempuh hanya dalam 1 jam, dari semula waktu 3 jam," imbuhnya.

Tol Balikpapan-Samarinda juga menjadi akses penghubung Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Sepinggan. Waktu tempuhnya dari Balikpapan hanya 15-20 menit, dengan melewati Seksi V Ruas Balikpapan-Sepinggan yang hanya berjarak sekitar 8 km dari bandara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×