Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), peritel multi-channel branded commerce mencatat peningkatan pendapatan di kuartal pertama tahun ini setelah pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 30 Desember 2022.
Pada kuartal pertama, pendapatan bersih MAPI naik 32,5% YoY menjadi Rp 7,46 triliun dari Rp 5,63 triliun. Margin laba kotor meningkat menjadi 44,3% dari 42,9% dibanding tahun sebelumnya.
Laba usaha melonjak 36,0% YoY menjadi Rp 664 miliar dari Rp 488 miliar. EBITDA tumbuh 24,8% YoY dari Rp 1 triliun menjadi Rp 1,3 triliun. Di luar one-time gain dari divestasi Burger King senilai Rp 309 miliar (setelah pajak) yang terjadi pada kuartal pertama 2022, laba inti yang mewakili kinerja operasional Mitra Adiperkasa melonjak 46,7% YoY menjadi Rp 496 miliar dari Rp 339 miliar.
Sementara laba bersih MAPI di kuartal pertama 2023 dalam laporan keuangan yang dirilis Jumat (28/4) mencapai Rp 404,56 miliar. Laba bersih MAPI turun 30,63% jika dibandingkan dengan kuartal pertama tahun lalu Rp 583,17 miliar.
Baca Juga: MAP Boga Adiperkasa (MAPB) Akan Private Placement
“Pencapaian kuartal pertama kembali menunjukkan sinergi yang sukses antara berkembangnya jangkauan kami terhadap pelanggan, efisiensi yang didukung oleh data, ekspansi berkelanjutan, dan keunggulan operasional di seluruh grup perusahaan,” kata Ratih D. Gianda, VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group.
Momentum penjualan menguat karena meningkatnya kepercayaan dan mobilitas masyarakat. Ratih menambahkan, pertumbuhan solid juga karena efek low base dari kuartal pertama 2022 yang saat itu masih berada pada tahap awal pemulihan krisis Covid-19.
Pada saat pandemi mereda, tren belanja mulai kembali seperti periode pra-pandemi, dengan lebih banyak pelanggan berbelanja secara offline. Meskipun demikian, kanal digital MAPI terus mendukung penjualan dengan kontribusi sebesar 8,1% dari total penjualan di kuartal pertama 2023.
Baca Juga: Mitra Adiperkasa (MAPI) Melampaui Kinerja Sebelum Pandemi, Ini Faktor Pendorongnya
Platform omni-channel MAPI terintegrasi dengan seluruh jalur distribusi, baik mal, kanal digital, atau mitra marketplace, memiliki kemampuan untuk memberikan apa yang diinginkan pelanggan, kapan, dan di mana saja. Dengan terus mengadopsi teknologi dan inovasi baru untuk dapat lebih memahami pelanggan, MAPI yakin dapat memaksimalkan potensi serta menciptakan nilai untuk jangka panjang.
“MAPI antusias memasuki tahun baru dengan jajaran brand, produk, dan layanan terbaik, memimpin dengan nilai-nilai yang diyakini dalam segala hal yang kami lakukan, serta tetap fokus pada jangka panjang,” imbuh Ratih.
MAPI memiliki portofolio lebih dari 150 brand kelas dunia dari department stores, sports, fashion, kids, food & beverage hingga lifestyle. Per Maret 2023, MAPI mengoperasikan lebih dari 2.700 gerai ritel di lebih dari 80 kota di Indonesia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News