kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,94   9,36   1.05%
  • EMAS1.332.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengamat UI: BUMN Karya Terapkan ESG untuk Menangkan Persaingan Global


Kamis, 09 Maret 2023 / 10:01 WIB
Pengamat UI: BUMN Karya Terapkan ESG untuk Menangkan Persaingan Global
ILUSTRASI. Salah satu BUMN Wijaya Karya (WIKA)


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengamat BUMN Toto Pranoto dari Universitas Indonesia (UI) mengungkapkan, BUMN Karya seperti PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) terus menjalankan prinsip-prinsip Environmental, Social and Governance dalam rangka memenangkan persaingan di pasar konstruksi regional-global.

"ESG itu sudah menjadi semacam mandatory business model yang harus diadaptasi oleh korporasi atau BUMN dalam rangka memenangkan persaingan regional-global. Artinya dalam tren semua perusahaan memprioritaskan aspek ESG sebagai acuan" ujar Toto dalam keterangannya, Rabu (8/3).

Menurut dia, ESG menjadi faktor penting ketika BUMN Karya menjalin kerja sama dengan mitra global atau regional.

"Indikator ESG ini menjadi faktor dan standar penting apabila BUMN Karya akan menjalin kerja sama dengan mitra atau investor global," katanya.

Sebagaimana diketahui, WIKA sebagai perusahaan BUMN Karya yang memiliki pengalaman internasional telah menerapkan prinsip-prinsip ESG dalam proses bisnisnya.

"Inisiatif ESG menjadi salah satu fokus dari WIKA yang kini menginjak usia 63 tahun," ujar Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito.

Baca Juga: Saham BUMN Karya Belum Mampu Berjaya

Untuk mendukung nilai-nilai keberlanjutan, WIKA mulai menerapkan inisiatif-inisiatif ESG dalam proses bisnisnya baik dalam pelaksanaan proyek dan juga implementasi Tanggung jawab sosial Lingkungannya. hal ini dibuktikan oleh capaian Indeks SRI-KEHATI, ESG Sector Leaders IDX KEHATI, dan ESG Quality 45 IDX KEHATI.

Agung Budi Waskito mengatakan, dari sisi tata kelola WIKA telah mengimplementasikan Three Lines Model dan Four Eyes Principle untuk memperkuat aspek tata kelola dan manajemen risiko perusahaan.

WIKA melalui proyek-proyeknya melakukan Revegetasi Paska Konstruksi dan pembuatan Green house sebagai langkah pelestarian lingkungan dan upaya recovery kelestarian lingkungan.

WIKA Group turut serta membangun proyek-proyek dengan mengusung konsep green building seperti Universitas Mandiri dan Jakarta International Stadium melalui entitas anaknya WIKA Gedung.

WIKA juga fokus pada produk-produk ramah lingkungan seperti penggunaan teknologi modular yang kini digunakan dalam pembangunan Hunian Pekerja Konstruksi di IKN dan juga pengembangan energi baru terbarukan melalui motor listrik GESITS, dan juga produksi Solar Panel & Solar Lamp.

Selain itu WIKA berperan aktif dalam Community Development melalui Program Desa Tangguh WIKA di Tanjung Burung, Banten, yang merupakan program pemberdayaan masyarakat secara langsung dalam menangani permasalahan sampah di wilayah sekitar.

Adapun yang Perseroan lakukan adalah melakukan pendampingan mitra binaan di dalam mengelola dan mengolah bank sampah, penguatan kelembagaan BUMDes dan pembuatan Pupuk Kompos.

Baca Juga: Kementerian BUMN akan Bersih-bersih Dana Pensiun BUMN, Ini Strategi yang Disiapkan

WIKA sendiri berhasil mendapatkan skor ESG dari lembaga pemeringkat global sustainalytics pada 14 Februari 2023 sebesar 29,8 (Medium Risk).

Skor tersebut merupakan yang terbaik diantara perusahaan konstruksi di Indonesia dan juga salah satu yang terbaik di antara perusahaan konstruksi global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×