kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,49   -0,12   -0.01%
  • EMAS927.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.33%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Pengembang KIK Kendal menjamin investor akan mendapatkan fasilitas tax holiday


Selasa, 06 April 2021 / 16:32 WIB
Pengembang KIK Kendal menjamin investor akan mendapatkan fasilitas tax holiday
ILUSTRASI. Kendal Industrial Park. KONTAN/Baihaki/20/2/2019

Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Juliani Kusumaningrum, Head of Sales and Marketing Kawasan Industri Kendal (KIK) atau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal, Jawa Tengah mengatakan jika kawasan yang dikembangkannya saat ini memiliki keunggulan bagi para tenant atau penyewa baru dari Indonesia dan luar negeri berupa tax holiday.

"KIK memberikan banyak benefit bagi investor, baik dalam dan luar negeri, yakni tax holiday," jelasnya saat acara media gathering yang berada di Menara Batavia, Jakarta, Selasa (6/4).

Sebagaimana diketahui, tax holiday diberikan kepada investor mulai dari 10 sampai 20 tahun tergantung besaran investasi. Pemerintah awalnya memberikan tax holiday pada investasi Rp500 miliar ke atas, tetapi saat ini tax holiday berlaku untuk investasi Rp100 miliar hingga Rp500 miliar sepanjang 10 tahun.

Sedangkan investasi di atas Rp500 miliar sampai Rp1 triliun, mendapatkan tax holiday selama 15 tahun. Ia mengatakan, saat ini ada dua perusahaan yang membenamkan investasinya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal, telah mengajukan insentif tax holiday ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Baca Juga: Kawasan Industri Kendal (KIK) raih investasi Rp 19,2 triliun

Adapun dua perusahaan tersebut adalah perusahaan mainan anak-anak, yakni PT Master Kidz Indonesia yang berasal dari Hongkong. PT Mazter Kidz Indonesia memproduksi mainan berbahan dasar kayu. Lalu, perusahaan dalam negeri PT Sinar Harapan Plastik juga memproduksi mainan anak. "Dua minggu lalu, kami membantu mereka untuk mengajukan tax holiday ke BKPM," ujarnya.

Menurutnya, ke depan akan lebih banyak lagi perusahaan di KEK Kendal mengajukan insentif fiskal tersebut, setelah beberapa syarat telah terpenuhi. "Mereka sekarang masih ada yang dalam tahap konstruksi, dan menang ada regulasinya mengajukan tax holiday, mereka ajukan sebelum beroperasi secara komersil. Jadi nanti akan diikuti tenant lainnya," papar Juliani.

Perusahaan yang investasi ke KEK Kendal, kata Juliani, selain dapat mengajukan tax holiday, juga mendapat keuntungan lainnya seperti upah minimum regional (UMR) yang kompetitif, banyaknya tenaga kerja produktif, infrastruktur yang lengkap hingga jaminan keamanan.

"Kami selaku pengelola-pengembang kawasan sudah kompak dengan pemerintah Kabupaten Kendal untuk memberikan kemudahan perizinan investasi dan kenyamanan wilayah setempat bagi investor," tuturnya.

Selanjutnya: Kota Semarang paling tinggi, simak daftar lengkap UMR Jawa Tengah tahun 2021

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
(VIRTUAL) NEGOTIATION FOR EVERYONE Batch 2 Panduan Cepat Analisa Laporan Keuangan

[X]
×