kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
Tujuan Terkait

Pengumuman, Pemerintah Bakal Beri Subsidi Tarif LRT Jabodebek


Jumat, 30 Juni 2023 / 04:53 WIB
Pengumuman, Pemerintah Bakal Beri Subsidi Tarif LRT Jabodebek
ILUSTRASI. Hingga kini, belum ada keputusan mengenai besaran tarif LRT Jabodebek dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). ANTARA FOTO/Galih Pradipta


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

TARIF LRT - Hingga kini, belum ada keputusan mengenai besaran tarif LRT Jabodebek dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Padahal moda transportasi ini akan beroperasi komersil pada 18 Agustus 2023. 

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, kemungkinan tarif LRT Jabodebek akan diumumkan sebelum uji coba terbatas pada 12 Juli 2023. 

"InsyaAllah sih harusnya sebelum kita uji coba ya harusnya sudah bisa keluar ya mudah-mudahan," ujarnya saat ditemui di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (28/6/2023). 

Adita bilang, saat ini pihaknya masih memfinalisasi tarif LRT Jabodebek. Setelah angkanya disepakati, barulah akan disosialisasikan ke masyarakat luas. 

"Nanti kan akan menjadi Keputusan Menteri. Itu sedang kita finalisasi. Nanti angkanya pasti kita sosialisasikan dulu," ucapnya. 

Tarif LRT Jabodebek Disubsidi 

Sebelumnya, Adita menyebut tarif LRT Jabodebek akan diberikan subsidi atau public service obligation (PSO) sehingga besarannya terjangkau bagi masyarakat. 

"Besaran tarif sedang diproses untuk ditetapkan dalam PM Perhubungan. Memang akan ada unsur subsidi dalam tarif akhirnya. Besarannya nanti akan disosialisasikan segera," ujar Adita kepada Kompas.com, Selasa (16/5/2023). 

Dia melanjutkan, besaran subsidi yang akan diberikan untuk tarif LRT Jabodebek jarak terjauh mencapai hampir separuhnya. 

Baca Juga: Pengguna MRT Wajib Tahu, Bayar Tiket Tak Bisa Lagi Pakai Gopay, OVO, DANA dan LinkAja

"Untuk jarak terjauh komponen subsidi sekitar 40 persen," kata dia. 

Sementara itu, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal memastikan tarif LRT Jabodebek lebih murah daripada tarif transportasi alternatif lainnya di sekitar wilayah penyangga. 

"Yang pasti lebih murah lebih nyaman aman daripada angkutan yang dekat. Karena kan lebih tepat waktu ya, terinteintegrasi dengan baik, dari Cibubur bisa naik KRL dari dukuh atas dan angkutan lainnya," ujarnya di Gedung Kemenhub, Jakarta, Senin (5/6/2023). 

Risal mengungkapkan tarif LRT Jabodebek yang saat ini diusulkan, untuk tarif awal sebesar Rp 5.000 dan selanjutnya dikenakan tarif Rp 750 per kilometer. 

Baca Juga: Ingin Ikut Uji Coba LRT Jabodebek? Pendaftaran Dibuka Mulai 1 Juli

Dengan demikian untuk tarif LRT Jabodebek jarak terjauh sekitar Rp 25.000. 

"Tapi ini masih konsep artinya bisa berubah karena ada tiga alternatif masalah tarif tadi. Sifatnya sekarang masih usulan bukan utusan. Usulan yang paling efisien murah enak nyaman bagi masyarakat pengguna," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Segera Diumumkan, Tarif LRT Jabodebek Bakal Disubsidi Pemerintah"
Penulis : Isna Rifka Sri Rahayu
Editor : Yoga Sukmana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Tag


TERBARU

[X]
×