kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengusaha Keramik Granit Harap Pengawasan Penerapan TKDN Diperketat


Jumat, 10 Mei 2024 / 15:34 WIB
Pengusaha Keramik Granit Harap Pengawasan Penerapan TKDN Diperketat
ILUSTRASI. Pengusaha Keramik Granit Harap Pengawasan Penerapan TKDN Diperketat./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/29/02/2024.


Reporter: Leni Wandira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Asri Pancawarna, salah satu produsen granit porcelain tile berharap agar pemerintah lebih memperketat pengawasan terhadap tingkat komponen dalam negeri (TKDN) bagi produk di dalam negeri.

Hal itu diungkapkan oleh General Manager Projects, PT Asri Pancawarna, Adji Fauzi dengan harapan produk impor tidak mudah masuk Indonesia khususnya pembangunan ibu kota negara (IKN) untuk menyingkirkan produk lokal.

"Produk impor ini menggunakan TKDN produk lokal, seolah-olah mereka produk lokal dengan TKDN murni,” ujar Adji Fauzi di acara Pameran Megabuild Indonesia & Keramika Indonesia 2024 di JCC, Jakarta, Kamis (9/5).

Aji mengatakan indogress sendiri kini memasok kebutuhan keramik dan granit tile untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Baca Juga: Intikeramik Alamasri Industri (IKAI) Catatkan Laba Rp 1,28 Miliar Per Kuartal I-2024

"Kita sudah masuk untuk proyek pembangunan Istana Negara di IKN, masjid IKN, hunian karyawan  atau pegawai serta kebutuhan granite tile untuk rumah sakit IKN," ungkapnya.

Untuk itu, ia meminta agar pemerintah prioritaskan pada produk keramik yang miliki TKDN murni. Adapun, nilai TKDN produk Indogress saat ini mencapai 90 persen dan menjadi yang tertinggi di industri granite tile dan keramik nasional.

"TKDN di kami belum bisa 100 persen karena  ada komponen bahan baku yang dibeli dari pemasok lokal yang mendapatkannya dari pemasok di luar negeri," pungkasnya.

Baca Juga: Ini Harap Asaki Kepada Prabowo-Gibran Soal Keberlanjutan HGBT

Sebelumnya, meluncurkan rangkaian produk terbarunya di  Pameran Megabuild Indonesia & Keramika Indonesia 2024, pada Kamis, 9  Mei 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. 

Produk terbaru Indogress ini terbagi dalam berbagai ukuran, surface dan desain yang sangat variative, dengan desain marble atau marmer masih menjadi andalan. Ukurannya, mulai dari 60x60, 80x80, 100x100, 120x120, 90x180 dan 120x240. Dalam koleksi terbaru kali ini, Indogress mengeluarkan fitur produk baru yaitu Slip Guard.

"Slip Guard adalah jenis permukaan anti-slip yang dikembangkan untuk memprioritaskan kenyamanan dan keamanan karena memiliki fungsi untuk mengurangi resiko tergelincir. Memiliki rating R11 yang berarti bisa digunakan untuk area basah baik outdoor ataupun indoor, untuk produk terbaru dengan fitur ini Indogress mengeluarkan tipe Roccia Platino, Magnus Beige, Gris Basalto dan Norde Dark," terang Meyta Putri, Marketing Manager kepada wartawan di pameran megabulid dan keramika Indonesia, di JCC, Jakarta, Kamis (9/5).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×