kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pandemi, ini tempat-tempat yang disarankan untuk liburan akhir tahun


Rabu, 16 Desember 2020 / 04:00 WIB
Pandemi, ini tempat-tempat yang disarankan untuk liburan akhir tahun
ILUSTRASI.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Musim libur akhir tahun akan segera tiba. Namun, pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari sembilan bulan tak kunjung mereda. 

Hal ini kemudian menjadi dilema bagi masyarakat apakah tetap ingin pergi liburan atau hanya berdiam di rumah. Selain itu, masyarakat juga masih bingung memilih destinasi atau tempat wisata yang cocok di masa pandemi.

Pengusaha travel agent TX Travel, Anton Thedy, memberi beberapa saran kepada masyarakat yang hendak pergi berlibur pada akhir tahun. Pertama, ia menyarankan agar masyarakat dari Jakarta memilih menggunakan kendaraan pribadi ke tempat-tempat dengan jarak dekat. 

"Kalau dari Jakarta kebanyakan sudah mulai yang namanya road trip. Menyetir sendiri sekitar 5-6 jam dalam sehari," kata Anton dalam diskusi virtual bertajuk "Menerapkan Protokol Kesehatan Menjelang Liburan Akhir Tahun" Selasa (15/12/2020). 

Baca Juga: Hindari risiko, pilih menghabiskan liburan akhir tahun di rumah

Kedua, masyarakat bisa pergi ke tempat-tempat atau obyek wisata yang luas dan memiliki ruang terbuka, sehingga menyebabkan sirkulasi udara terjaga. Sebagai contoh, Anton menyebut pantai dan gunung dapat menjadi pilihannya. 

Tempat-tempat ini dinilai cocok untuk pilihan liburan di masa pandemi karena tempatnya yang luas yang berpotensi tidak menimbulkan kerumunan. Selain ke gunung dan pantai, Anton juga menyarankan masyarakat bisa mengisi liburan dengan pergi ke museum. 

"Meski saat ini banyak keluhan dari museum mendadak sepi. Walaupun sudah terapkan protokol kesehatan. Menurut saya, tidak perlu takut, cuma ya kita hindari kalau ada kerumunan. Biasanya kalau di ruangan itu tidak ada kerumunan ya cukup aman," kata dia. 

Baca Juga: Tak main-main, Solo terapkan karantina bagi seluruh pemudik

Apabila masih takut untuk ke museum, Anton memiliki cara lain yang dapat dilakukan masyarakat atau wisatawan. Ia mengatakan, masyarakat bisa pergi ke museum pada waktu awal buka operasionalnya. 

"Buka pukul 09.00, ya kita datang 08.30. Coba menjadi yang pertama datang ke tempat itu. Dan cepat-cepat lagi keluar," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengusaha Travel Sarankan Masyarakat Libur Akhir Tahun ke Tempat-tempat Ini"
Penulis : Nicholas Ryan Aditya
Editor : Bayu Galih

Selanjutnya: Pemerintah melarang kerumunan dan perayaan tahun baru di tempat umum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×