Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. Penjualan Avanza tampaknya kian berkibar saja di Indonesia. Buktinya, mobil besutan Toyota ini menjadi pemimpin segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia, sepanjang tahun 2012 dengan total penjualan 192.146 unit.
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Avanza menempati posisi pertama dalam penjualan segmen MPV, mengungguli Daihatsu Xenia dengan total penjualan 73.418 unit dan Suzuki Ertiga dengan total penjualan 34.074 unit.
"Rata-rata setiap bulannya Avanza terjual sekitar 15.000 unit," kata Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran Toyota Astra Motors kepada Kontan di Jakarta, Selasa (15/1).
Avanza sendiri menjadi mobil dengan penyumbang penjualan terbesar bagi Toyota untuk tahun 2012, di mana pada tahun 2012 Toyota mencatatkan total penjualan sebesar 405.414 unit.
Untuk tahun 2013, Avanza masih menjadi mobil harapan Toyota untuk menyasar pasar mobil untuk kelas menengah. Untuk itu, Toyota menargetkan bisa mempertahankan posisi menguasai 36% pasar mobil di Indonesia.
Tahun lalu, Toyota menjual 405.414 unit dengan pangsa pasar sebesar 36,32%. Joko memprediksi, tahun ini total penjualan mobil relatif masih sama dengan total penjualan 2012 yang mencapai 1.116.224 unit.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News