kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

Penjualan Batik Jutaan Lebih, Shopee Dorong Pengembangan UMKM Batik


Kamis, 05 Oktober 2023 / 21:35 WIB
Penjualan Batik Jutaan Lebih, Shopee Dorong Pengembangan UMKM Batik


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Jane Aprilyani

KONTAN.CO.ID - Platform e-commerce Shopee kian giat mengembangkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satunya, UMKM batik yang sejak Januari hingga September tahun ini penjualannya di Shopee capai jutaan lebih.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna menyampaikan, perkembangan usaha batik di tanah air kian berkembang pesat.

Sesuai komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM turut membantu perkembangan produsen batik lokal di Shopee agar bisa berdaya saing global. Terlebih kata Monica, produk batik adalah produk teratas selain fesyen muslim yang banyak dibeli pengguna Shopee.

Inisiatif ini adalah bagian dari komitmen Shopee untuk UMKM, khususnya para produsen dan perajin batik di Tanah Air agar bisa naik kelas dan berdaya saing global melalui berbagai fitur dan program di Shopee, salah satunya adalah Program Ekspor Shopee.

"Kami harapkan, dapat memberikan potensi dan dampak positif bagi perkembangan para produsen batik lokal di Shopee hingga bisa menembus pasar mancanegara, menyusul lebih dari 20 juta produk UMKM yang telah berhasil ekspor bersama Program Ekspor Shopee," jelas Monica di acara Cerita Batik Masa Kini di Jakarta, Kamis ((5/10).

Baca Juga: Terbaru! Sekarang Metode COD Bisa Cek Dulu Baru Bayar di Shopee

Perancang busana Didiet Maulana mengatakan apresiasinya terhadap komitmen Shopee dalam mendukung UMKM lokal mendunia.

"Sebagai pelaku industri mode di Indonesia, saya bangga dan mengapresiasi Shopee yang punya komitmen untuk mendukung para produsen dan pengrajin batik dan UMKM lokal untuk bisa dikenal luas hingga mancanegara," tutur Didiet.

Didiet juga sangat mengapresiasi penjual batik di Shopee, yang memberikan inspirasi bagi UMKM lain untuk terus berinovasi dan mengkreasikan batik hingga menjadi tren masa kini. 

Harapan Didiet, semoga dengan menjadikan batik sebagai pakaian sehari-hari, masyarakat bisa turut serta dalam perkembangan bisnisnya di Tanah Air hingga kancah internasional.

Salah satu pengusaha batik lokal yang berhasil menembus pasar internasional bersama Shopee, adalah Nurdini Prihastiti dan Bheben Oscar, pemilik usaha batik bernama Damakara.

Baca Juga: Brand Lokal SOMBONG Milik Denny Sumargo Kini Hadir Eksklusif di Shopee

Dini dan Bheben menciptakan motif batik yang terinspirasi dari Iris Grace, anak berkebutuhan khusus yang mengikuti terapi gambar dan hasil gambar tersebut diaplikasikan ke koleksi batik Damakara yang khas.

Melalui Damakara, Dini dan Bheben ingin mengajak lebih banyak generasi muda untuk bangga menggunakan batik tidak hanya untuk kegiatan formal, namun juga dalam kehidupan sehari-hari. Ia juga bercita-cita untuk membawa batik yang ditelurkan oleh teman-teman istimewa ke ranah internasional.

Untuk mengoptimalkan misi usahanya, Dini dan Bheben mengambil langkah digitalisasi dan bergabung bersama Shopee. Melalui perkembangan bisnisnya bersama Shopee, Dini berhasil menjual produknya hingga ke Malaysia, Singapura, hingga Taiwan.

Berkat pasar yang lebih luas dan pesanan lebih banyak, kini mereka mampu memberdayakan hingga 12 karyawan dan 60 perajin batik yang mayoritas adalah ibu rumahtangga yang berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×