Sumber: Kompas.com | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. Hadirnya Honda Mobilio di pasar MPV bawah membuat peta persaingan mobil keluarga semakin "mendidih". Namun tak hanya kompetitor di kelas ini yang akan diusik, kakaknya sendiri—Freed—juga dikhawatirkan terpengaruh di sisi penjualan.
Soal ini, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy mengemukakan, sebenarnya sejak awal sudah mengakui, jika bakal ada pergeseran konsumen Freed yang beralih ke Mobilio, meski tidak banyak. Tapi saat ini yang terjadi, penurunan penjualan MPV termasuk Freed bukan sepenuhnya ”salah” Mobilio.
”Memang, kami melihat sejak 3 bulan lalu penurunan cukup besar (semua merek), kecuali MPV bawah, city car, dan LCGC. Jadi sebenarnya ada atau tidak ada Mobilio, penurunan Freed pasti terjadi. Segmen ini sudah turun dari tahun lalu,” tegas Jonfis, di sela tes drive Mobilio, di Yogyakarta, (4/2).
Secara garis besar, Jonfis menjelaskan bahwa pasar MPV turun cukup drastis. Kendati demikian, secara nasional pasar mobil keseluruhan tetap stabil karena ditolong LCGC, MPV bawah, dan city car. Market MPV dkatakan hilang 20 persen, dalam arti orang masih menunggu dan menimbang.
Honda sendiri terselamatkan oleh Brio dan Brio Satya yang masih stabil. Datangnya Mobilio juga diharapkan mampu mendongkrak penjualan kembali. ”Saat ini kami sedang mengukur, seberapa besar pengaruh Mobilio terhadap penjualan Freed,” tutup Jonfis. (Donny Apriliananda)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News