Reporter: Leni Wandira | Editor: Handoyo
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatatkan hasil positif dengan peningkatan penjualan retail sebesar 5,3% pada bulan Maret 2025 dibanding bulan sebelumnya.
Berdasarkan data Gaikindo pada Maret 2025, total penjualan mobil secara wholesales tercatat sebanyak 70.892 unit, turun 5,1% secara tahunan atau yoy dibandingkan Maret 2024 yang mencapai 74.720 unit. Secara bulanan atau mtm, penjualan juga mengalami penurunan sebesar 2% dibandingkan Februari 2025 yang tercatat sebanyak 72.336 unit.
Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM mengatakan honda membukukan penjualan sebanyak 8.165 unit, didorong oleh performa kuat dari model-model unggulan seperti Honda Brio, WR-V, BR-V, hingga CR-V.
Baca Juga: Beli Sepeda Motor Honda di Bulan April 2025, Dapat Promo Ketupat, Keuntungan Berlipat
Kontributor terbesar datang dari Honda Brio, yang mencatatkan penjualan 4.260 unit atau sekitar 52% dari total penjualan Honda bulan lalu. Efisiensi bahan bakar serta desain yang stylish menjadikan Brio tetap menjadi pilihan utama konsumen di segmen mobil harian.
Selain Brio, segmen SUV juga menunjukkan tren pertumbuhan yang menjanjikan. Honda CR-V mencatatkan lonjakan penjualan tertinggi dengan peningkatan 40% menjadi 230 unit.
Honda BR-V tumbuh 25% dengan total penjualan 1.113 unit, sementara Honda WR-V mencatatkan 812 unit. Di sisi lain, Honda HR-V tetap menjadi salah satu SUV andalan dengan penjualan sebanyak 1.618 unit.
Yusak menjelaskan bahwa peningkatan penjualan ini menunjukkan minat konsumen terhadap kendaraan yang efisien, nyaman, dan andal untuk perjalanan jauh masih tinggi. Ia juga menambahkan bahwa program penjualan yang konsisten dan relevan turut membantu menjaga daya tarik Honda di pasar otomotif nasional.
"Kami melihat bahwa meskipun kondisi ekonomi dan pasar masih dinamis, kebutuhan konsumen terhadap mobil yang efisien, nyaman, dapat menunjang perjalanan jarak jauh masih tetap tinggi," ujar Yusak dalam keterangannya, Selasa (15/4).
Peningkatan penjualan ini, kata dia, juga didukung oleh program penjualan yang kami hadirkan secara konsisten untuk menjaga daya tarik di pasar.
"Ke depannya, kami akan terus menghadirkan berbagai kemudahan bagi konsumen di seluruh Indonesia melalui program-program yang relevan dan menarik," sambungnya.
Baca Juga: Honda Resmikan Dealer Mobil Bekas Bersertifikasi Pertama di Cikarang, Bekasi
Memasuki April 2025, Honda memperkuat strategi pemasaran dengan menghadirkan beragam program menarik, seperti bebas biaya perawatan melalui Free Paket Hemat 1 untuk model-model tertentu, serta penawaran pembiayaan ringan dengan bunga rendah dan uang muka terjangkau.
Konsumen juga bisa mendapatkan extra benefit hingga Rp5 juta, serta bunga 0% hingga tenor 3 tahun melalui program leasing tertentu.
Honda juga memperluas layanan tukar tambah melalui program Honda Certified Used Car, memberikan kemudahan bagi konsumen yang ingin mengganti kendaraan lama dengan unit Honda terbaru.
Selanjutnya: Honda Akan Pindahkan Produksi Mobil dari Meksiko dan Kanada ke AS
Menarik Dibaca: Prakiraan Cuaca Jakarta Besok (16/4): Cerah hingga Berawan
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News