kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45825,80   0,58   0.07%
  • EMAS1.028.000 0,19%
  • RD.SAHAM 0.38%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Penjualan ponsel Huawei mulai menggeser Samsung di kuartal II-2020


Sabtu, 11 Juli 2020 / 05:20 WIB
Penjualan ponsel Huawei mulai menggeser Samsung di kuartal II-2020

Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masa pandemi virus corona (Covid-19) juga berpengaruh terhadap penurunan penjualan smartphone Samsung di dunia, pada kuartal II-2020. Berdasarkan laporan Counterpoint, penjualan smartphone Samsung turun 30 persen pada kuartal tersebut. 

Sementara vendor ponsel China, Huawei hanya mengalami sedikit penurunan. Huawei pun diprediksi akan merajai pasar ponsel dunia untuk pertama kalinya. Sebelumnya, firma riset pasar Counterpoint mencatat bahwa pengiriman ponsel Huawei telah melewati Samsung dalam pada April dan Mei 2020. Dan kini nampaknya Huawei bakal menjadi raja di sepanjang kuartal II-2020 ini. 

Baca Juga: Mantap, Samsung Electronics kembali raih gelar merek paling populer di Asia

Pada April, Counterpoint mencatat pengiriman ponsel dunia adalah 69,37 juta, dimana 21,4 persennya adalah ponsel Huawei. Sedangkan ponsel-ponsel Samsung hanya memiliki pangsa pasar 19,1 persen. Sedangkan pada Mei 2020, dimana total pengiriman ponsel dunia adalah 81,97 juta, Huawei memiliki pangsa pasar 19,7 persen. 

Sementara pangsa pasar Samsung di bulan yang sama adalah sebesar 19,6 persen. Berdasar tren pada dua bulan pertama kuartal berjalan seperti di atas, Huawei pun diprediksi bakal menyalip Samsung sebagai vendor ponsel nomor satu di dunia pada kuartal II 2020 ini. 

Untuk diketahui, pada 2016, Huawei sempat sesumbar akan menyalip Apple dan Samsung, menjadi pabrikan smartphone terbesar di dunia. Huawei pun berhasil menyalip Apple untuk pertama kalinya pada awal 2018. 

Dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Jumat (10/7/2020), penurunan penjualan smartphone Samsung adalah imbas dari aturan lockdown yang diterapkan di beberapa wilayah pasar utama, seperti India, Eropa, dan Amerika Utara. 

Baca Juga: Bisa tangkap objek astronomi, Xiaomi uji coba mode baru MIUI 12 pada aplikasi kamera

Sementara permintaan ponsel flagship Galaxy S20 series tahun ini lebih rendah dibandingkan flagship Samsung di tahun sebelumnya. Counterpoint tidak menyebut jumlah penjualan ponsel Samsung, namun hanya menyediakan data bahwa penjualannya turun 30 persen. 

Sebaliknya, kondisi pandemi justru membuat Huawei mampu mendongkrak penjualan smartphone-nya di China, lantaran permintaan yang meningkat. Samsung pun diketahui hanya memiliki kurang dari 1 persen pangsa pasar di China, sementara Huawei menguasai lebih dari 60 persen pasar di negaranya tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Huawei Salip Samsung Jadi Raja Ponsel Dunia Kuartal II-2020?"

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×