Reporter: Nadia Citra Surya | Editor: Dikky Setiawan
Jakarta. Produsen motor asal Jepang, Suzuki, diam-diam terus membenahi strategi pemasaran kendaraan roda duanya. Suzuki, yang penjualannya selalu jeblok dalam beberapa tahun belakangan ini, kini mulai menunjukkan taringnya.
Selama periode Agustus 2009, Suzuki berhasil meningkatkan penjualan motornya. "Penjualan kami pada Agustus kemarin hampir mencapai 50 ribu unit," ujar Edy Darmawan Manager Marketing-Promotion & Dealer Development Suzuki.
Menurut Edy, angka penjualan di Agustus itu mengalami kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya. Pada bulan Juli 2009, total penjualan Suzuki hanya mencapai 42.425 unit. "Kendati angka penjualan Agustus naik dari Juli, namun angkanya turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu," imbuh Edy.
Meski peningkatan yang diraih tak sebesar para pesaingnya, namun Eddy mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bukti bahwa perubahan strategi yang dijalankan Suzuki memang telah mulai membuahkan hasil. "Soal strategi apa yang kami ubah, itu rahasia," cetus Eddy.
Suzuki sendiri tak mau muluk-muluk pasang target. Maret tahun depan, Suzuki menargetkan market sharenya bisa kembali ke posisi 11%. Selain akan beradu strategi marketing, Suzuki juga akan melakukan beberapa modifikasi minor dan berencana mengeluarkan beberapa varian baru sepeda motor. "Tunggu saja," tandas Eddy.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News