Reporter: Arif Wicaksono | Editor: Dikky Setiawan
JAKARTA. Toyota membukukan total penjualan 36.282 unit pada Mei 2013 dan mempertahankan posisinya sebagai market leader di pasar otomotif nasional, dengan pangsa pasar sebesar 36,4%.
Pencapaian pada bulan lalu berkontribusi terhadap penjualan Toyota sepanjang Januari—Mei 2013 sebanyak 179.917 unit atau tumbuh sekitar 9% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu sebanyak 165.054 unit.
General Manager Corporate Planning & Public Relation PT Toyota Astra Motor, Widyawati, menyambut gembira hasil positif yang telah dicapai dalam lima bulan pertama 2013. “Kami berharap performa yang baik ini dapat terus berlanjut pada bulan-bulan berikutnya. Kami cukup optimistis penjualan akan meningkat menjelang liburan Hari Raya Idul Fitri nanti,” kata Widyawati, Rabu (19/6).
Sepanjang lima bulan pertama 2013, segmen kendaraan penumpang maupun kendaraan komersial Toyota membukukan hasil yang meningkat dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Kendaraan penumpang dimotori antara lain oleh multi purpose vehicle (MPV), compact car, dan segmen 4x4, sedangkan kendaraan komersial ditopang oleh pickup, 2 ton, dan commercial van.
Di segmen compact car, Toyota mencatatkan total penjualan 17.324 unit pada Januari—Mei 2013 atau menguasai pangsa pasar hingga 58%. Pencapaian pada lima bulan pertama 2013 ini tumbuh 73,4% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2012 sebanyak 9.990 unit.
Di segmen MPV, Toyota juga mendominasi dengan market shares 51,9%. Segmen MPV menjadi kontributor utama penjualan Toyota sepanjang lima bulan pertama tahun ini, dengan total penjualan 116.981 unit atau menyumbang sekitar 65% dari total penjualan Toyota selama Januari—Mei 2013.
Pencapaian di segmen MPV antara lain berkat Toyota Avanza yang membukukan total penjualan 85.395 unit, Toyota Kijang Innova 29.342 unit, serta produk andalan baru Toyota di segmen ini, Toyota NAV1 sebanyak 1.837 unit. Sementara itu, di segmen 4x4 Toyota membukukan total penjualan 533 unit dan mendominasi market di kelasnya dengan pangsa pasar 64,1%, berkat line up produk Toyota Fortuner (4x4), Land Cruiser, dan FJ Cruiser.
Di lain pihak, segmen kendaraan komersial Toyota membukukan total penjualan 17.215 unit pada Januari—Mei 2013 atau tumbuh 48,5% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.
Pertumbuhan ini didorong oleh penjualan pickup yang mencatatkan angka total 6.556 unit atau tumbuh 36,1% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 4.817 unit.
Adapun, pada periode yang sama, segmen kendaraan niaga 2 ton membukukan total penjualan 10.105 unit atau tumbuh 49,2% dibandingkan dengan Januari—Mei 2012 sebanyak 6.775 unit.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News