kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penumpang arus balik Terminal Kalideres melonjak H+4 Lebaran, capai 4.536 orang


Selasa, 19 Juni 2018 / 23:10 WIB
Penumpang arus balik Terminal Kalideres melonjak H+4 Lebaran, capai 4.536 orang


Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Terminal Bus AKAP Kalideres Revi Zulkarnain mengatakan, jumlah penumpang arus balik di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, mulai melonjak jauh pada H+4 Lebaran atau Selasa (19/6) ini. 

Pada Selasa dini hari tadi, tercatat 4.536 penumpang yang tiba di Jakarta melalui Terminal Kalideres. 

"Dari H+1 itu ada lonjakan penumpang. Yang lebih tinggi bisa mencapai penumpang itu jam 01.00 tadi 4.536 yang tiba. Itu mayoritas dari Jawa Tengah dan Lampung," ujar Revi, di Terminal Kalideres. 

Revi menjelaskan, penumpang biasanya tiba di Terminal Kalideres pada dini hari hingga pukul 07.00 WIB. 

Dia memperkirakan, puncak arus balik di Terminal Kalideres akan terjadi pada Rabu (20/6) atau Kamis (21/6) dini hari, mengingat cuti bersama berakhir pada esok hari. 

Pihaknya telah berkoordinasi dengan polisi untuk melakukan pengamanan terhadap pemudik yang tiba di Jakarta sejak H+1 Lebaran.

"Mulai H+1 kemarin, setiap penumpang tiba itu dijaga oleh pihak keamanan. Jadi, setiap turun dari bus itu ditungguin ada (polisi) yang pakaian preman, ada yang pakai seragam lengkap," kata dia. 

Selain itu, ada posko kesehatan yang disiapkan 24 jam bagi penumpang yang kurang sehat atau kelelahan setelah menempuh perjalanan jarak jauh. Dokter dan tim medis dari puskesmas-puskesmas di Jakarta Barat berjaga secara bergantian di posko itu. 

Hal lain yang disiapkan yakni angkutan lanjutan bagi pemudik yang akan melakukan perjalanan dari Terminal Kalideres, menuju tempat tinggal mereka masing-masing. 

"Kalau dalam kota itu ada amari, angkutan malam hari, terdiri dari angkot, Metromini, Mayasari Bakti. Kalau busway (transjakarta) itu ada andini, angkutan dini hari, itu masuk ke koridor busway di DKI," ucap Revi. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penumpang Arus Balik Terminal Kalideres Melonjak H+4 Lebaran, Capai 4.536 Orang"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×