kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penumpang Diprediksi Naik 16%, Ini Kesiapan Bandara Yogyakarta Hadapi Mudik Lebaran


Rabu, 19 April 2023 / 12:33 WIB
 Penumpang Diprediksi Naik 16%, Ini Kesiapan Bandara Yogyakarta Hadapi Mudik Lebaran
ILUSTRASI. ANTARA FOTO


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Momentum lebaran tahun 2023 akan berdampak besar terhadap perekonomian di seluruh daerah. Tidak adanya pembatasan mobilitas masyarakat telah mendorong jumlah pemudik meningkat dan kembali seperti kondisi sebelum pandemi Covid-19.

Dampak positifnya juga akan dirasakan industri tranportasi. Sejumlah bandara akan mendapatkan limpahan penumpang dalam jumlah besar, salah satunya Bandara Internasional Yogyakarta.

Sebagai salah satu tujuan mudik dan destinasi wisata favorit, bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (AP I) ini diperkirakan akan melayani jumlah penumpang cukup besar, yakni naik 16% dibandingkan dengan tahun lalu.

Pengamat penerbangan Gatot Rahardjo menilai kondisi Bandara YIA saat ini sudah memadai, baik dari sisi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang pesawat. "Asalkan semua fasilitas dijalankan dan personelnya lengkap, tidak ada masalah di bandara ini. Jadi dari sisi bandara sebenarnya tidak ada masalah, kecuali kalau ada fasilitas yang tidak dioperasikan dengan alasan efisiensi," ujar dia, Rabu (19/4).

Dari sisi kapasitas dan kelayakan, kataa Gatot, YIA terbilang sebagai salah satu bandara dengan kesiapan yang cukup prima dalam menyambut arus mudik dan arus balik pada tahun ini.

AP I telah mengembangkan kapasitas bandara YIA 11 kali lebih besar menjadi 20 juta penumpang per tahun dari Bandara Adisutjipto yang hanya berkapasitas 1,8 juta penumpang per tahun. 

Dari segi konektivitas transportasi, Bandara YIA memiliki berbagai pilihan transportasi publik yang dapat memberikan kemudahan bagi pengguna jasa bandara. Bandara YIA memiliki koneksi langsung ke pusat Kota Yogyakarta menggunakan Kereta Bandara.

"Yang harus diperhatikan itu akses ke kota Yogya dan sekitarnya. Apalagi kalau nanti ada extra flight yang biasanya pada malam hari, harus diperhatikan juga sisi keamanan, kenyamanan dan kapasitas transportasi daratnya," ujarnya.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan, perusahaan ntelah menyiapkan bandara-bandara kelolaannya untuk mengantisipasi potensi lonjakan penumpang pada momentum libur lebaran, baik secara operasional maupun infrastruktur.

Khusus untuk bandara internasional Yogyakarta, Faik menjelaskan bahwa koneksi langsung ke pusat Kota Yogyakarta menggunakan Kereta Bandara sudah ditambah jadwalnya, dari sebelumnya 24 perjalanan datang dan berangkat melalui YIA menjadi 30 perjalanan datang dan berangkat melalui YIA. Hal ini dilakukan untuk mengakomodir pengguna jasa bandara yang menggunakan penerbangan malam hari.

"Kami berupaya memastikan kelancaran mudik pengguna jasa bandara dengan berprinsip pada safety, security, services, dan compliances” ujar Faik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×