kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penumpang melonjak jelang Natal dan Tahun Baru, Pelindo I pantau 8 pelabuhan


Minggu, 23 Desember 2018 / 18:11 WIB
Penumpang melonjak jelang Natal dan Tahun Baru, Pelindo I pantau 8 pelabuhan
ILUSTRASI.


Reporter: Nur Pehatul Janna | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo I kian siap menghadapi tren lonjakan penumpang jelang libur Natal dan Tahun Baru 2019. Pasalnya Perseroan ini kian aktif melakukan pemantauan di pelabuhan kelolaannya.

Fiona Sari Utami, VP Public Relations Pelindo 1 mengatakan setiap libur Natal dan Tahun Baru, pasti ada kenaikan jumlah pemumpang. Oleh karena itu pihaknya sudah menyiapkan beberapa strategi guna menghadapi lonjakan tersebut. Salah satunya melakukan pemantauan.

"Kami melakukan pemantauan pada 8 (delapan) cabang pelabuhan dan 3 (tiga) kawasan pelabuhan milik Pelindo I, yakni Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Bengkalis, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Tembilahan, Selat Panjang dan Sei Kolak Kijang," ujarnya kepada Kontan.co.id, Minggu (23/12).

Menurutnya, untuk menghindari lonjakan, ada beberapa kebijakan pelayanan penumpang yang diterapkan. Misalnya saja tidak akan melayani penjualan tiket dan pas pelabuhan di terminal dan tidak mengizinkan penumpang yang tidak memiliki tiket untuk masuk ke ruang terminal.

Tidak hanya itu, untuk monitoring angkutan Natal dan Tahun Baru, telah dibentuk tim monitoring angkutan arus mudik di setiap cabang pelabuhan yang merupakan posko bersama dan beranggotakan Kesyahbandaran, Otoritas Pelabuhan, Pelindo 1, Polri, TNI AL, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi dan Kesehatan Pelabuhan.

"Tim ini akan bertugas untuk memantau kegiatan embarkasi dan debarkasi, memantau bongkar muat barang, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, kegiatan pusat pengendalian trafik dan pusat informasi serta pelaporan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×