kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penyedia Fiber Optic dan BTS di IKN Dipegang Oleh PLN Icon Plus dan Telkom


Selasa, 16 Januari 2024 / 06:30 WIB
Penyedia Fiber Optic dan BTS di IKN Dipegang Oleh PLN Icon Plus dan Telkom
ILUSTRASI. Desain Istana Negara berlambang burung Garuda di Ibu Kota Negara (IKN) karya seniman I Nyoman Nuarta.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dan PT Indonesia Comnets Plus (PLN Icon Plus) resmi dipilih menjadi penyedia shared infrastructure of telecommunication di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN (OIKN) Silvia Halim menjelaskan, dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut dipilih secara terbatas pada tahun 2023 lalu untuk menjadi penyedia jaringan Fiber Optic (FO) dan menara Base Transceiver Station (BTS) untuk di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) 1A IKN.

Baca Juga: Segmen Bisnis Tumbuh, PLN Catatkan Penjualan Listrik 285,23 TWh di 2023

Konsep infrastruktur bersama untuk telekomunikasi merupakan model bisnis yang memungkinkan badan usaha telekomunikasi lainnya bekerja sama dalam penyediaan layanan telekomunikasi di suatu wilayah dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi yang telah disediakan oleh satu badan usaha tertentu.

Model bisnis ini bisa menurunkan biaya investasi yang harus dikeluarkan oleh badan usaha telekomunikasi, dari yang awalnya merupakan pesaing menjadi mitra.

"Nantinya bisa dimanfaatkan secara bersama-sama oleh badan usaha jasa telekomunikasi lainnya, jadi fisiknya satu tapi bisa dipakai ramai-ramai," ujar Silvia Halim dalam Public Expose Penyelenggaraan Infrastruktur Bersama Telekomunikasi dan Market Briefing Lanjutan di KIPP 1A IKN, secara dalam jaringan (daring), Senin (15/1/2024).

Baca Juga: Telkom Indonesia (TLKM) Fokus Perkuat Jaringan Fiber Optik

Silvia menjelaskan, Telkom dan PLN Icon Plus dipilih melalui pemilihan secara terbatas dengan melihat kesiapan infrastruktur telekomunikasi badan usaha yang telah tersedia di Provinsi Kalimantan Timur, khususnya Kabupaten Penajam Paser Utara.

Selain itu, pemilihan dua perusahaan penyedia infrastruktur bersama untuk telekomunikasi ini juga berdasarkan target operasional jaringan telekomunikasi di IKN pada Agustus 2024.

"Sehingga kita bisa memastikan akan bisa siap selesai dan operasional pada Agustus 2024," lanjut Silvia.

Melalui Public Expose ini, Silvia mengajak badan usaha telekomunikasi lainnya untuk ikut bergabung dalam penyediaan jaringan telekomunikasi di IKN.

Baca Juga: Jokowi Bahas Mobil Listrik Hingga Ajak Investasi di IKN dengan Pengusaha Vietnam

"Enggak dilimitasi untuk Telkom dan Icon Plus, terbuka untuk semua badan usaha telekomunikasi dan non-diskriminatif," tegas Silvia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Telkom dan PLN Icon Plus Dipilih Jadi Penyedia Jaringan Fiber Optic di IKN"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×