kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45689,33   17,20   2.56%
  • EMAS917.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.24%

Peran e-commerce enabler di balik strategi penjualan Omni-Channel Eigerindo


Jumat, 13 Maret 2020 / 22:23 WIB
Peran e-commerce enabler di balik strategi penjualan Omni-Channel Eigerindo
ILUSTRASI. Salah satu e-commerce enabler terkemuka di Indonesia, SIRCLO

Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di era digital, setiap brand perlu mempersiapkan strategi terbaik demi menggaet hati konsumen melalui kanal digital. Pasalnya, dari jumlah pengguna internet yang mencapai 150 juta di Indonesia, 90% di antaranya mengaku pernah mengunjungi toko online.

Data We Are Social juga menunjukkan, 76% responden Indonesia pernah berbelanja online lewat ponsel, serta 37% melakukannya lewat komputer atau laptop.

Perubahan perilaku berbelanja ini turut mendukung munculnya potensi-potensi baru di pasar digital. Salah satu e-commerce enabler terkemuka di Indonesia, SIRCLO, baru-baru ini merilis laporan berjudul “Navigating Market Opportunities in Indonesia’s E-Commerce”.

Baca Juga: Transaksi E-commerce Melorot, Ini Penyebabnya

Dalam laporan tersebut, diprediksi bahwa transaksi pembelian online yang tadinya hanya menyumbang 8% dari penjualan total pada tahun 2018, diperkirakan akan meningkat sampai sebesar 24% di tahun 2023.

Namun, untuk mengambil bagian dari pertumbuhan pesat tersebut, setiap brand harus memiliki presensi online dan jalur distribusi yang baik demi memenuhi permintaan konsumen.

Eigerindo, salah satu brand outdoor apparel terkemuka di Indonesia yang dikelola oleh PT Eigerindo Multi Product Industry (MPI), adalah satu dari sekian banyak yang menyadari tantangan baru ini.

“Keputusan Eigerindo untuk terjun ke kanal e-commerce dipengaruhi oleh dua faktor utama. Pertama, perubahan pola berbelanja dari target pasar utama kami, yaitu anak-anak muda. Mereka kini suka dan sering berbelanja secara online,” ujar Andreant Tendo, Logistics Division Head PT Eigerindo MPI yang sebelumnya menduduki posisi Head of E-Commerce.

“Kedua, kami melihat bahwa tingginya jumlah traffic pengunjung di marketplace membantu Eigerindo untuk menjangkau pasar yang lebih luas,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (13/3).

Untuk membantu keseluruhan proses digitalisasi dan penjualan online, Eigerindo berkolaborasi dengan e-commerce enabler SIRCLO sejak tahun 2018. SIRCLO menawarkan platform SIRCLO Commerce, sebuah platform teknologi layanan e-commerce channel management solution komprehensif yang membantu brand seperti Eigerindo untuk berjualan di berbagai kanal marketplace, dengan pengelolaan yang terpusat, praktis, dan efisien.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×