kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45861,31   -4,94   -0.57%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Perayaan Imlek 2021, XL Axiata memperkirakan terjadi kenaikan trafik data sekitar 5%


Kamis, 11 Februari 2021 / 22:13 WIB
Perayaan Imlek 2021, XL Axiata memperkirakan terjadi kenaikan trafik data sekitar 5%
ILUSTRASI. BTS XL Axiata Roof Top Rasuna Said, Jakarta.

Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Perayaan Tahun Baru Imlek 2021 berlangsung di tengah pandemi. XL Axiata memperkirakan secara nasional akan ada peningkatan trafik data sekitar 5% dibanding hari biasa. Peningkatan trafik ini diprediksi terjadi di beberapa kota dengan konsentrasi perayaan Tahun Baru Imlek terbesar di Indonesia.

Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, XL Axiata mempersiapkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat. Peningkatan trafik akan lebih banyak terjadi di layanan data. Sementara potensi kenaikan trafik layanan percakapan (voice) diperkirakan hanya sekitar 2%. Layanan SMS diperkirakan stagnan.

“Dibandingkan perayaan tahun sebelumnya, konsumsi data tahun ini diprediksi lebih besar karena perubahan pola aktivitas masyarakat selama masa pandemi yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah,” kata Gede, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Rabu (10/2)

Sama seperti tahun sebelumnya, kenaikan trafik tahun ini pun diprediksi akan terjadi di beberapa kota yang menjadi pusat perayaan Imlek. Antara lain Singkawang, Pontianak, Medan, Semarang, Bandung, dan Jakarta.

Dari jenis layanan, trafik layanan streaming secara umum diprediksi meningkat sekitar 5%-10%. Selain itu, layanan seperti video conference call, gim online, web browsing, dan instant messaging (IM) akan turut meningkat.

Peningkatan trafik pengguna data diperkirakan akan terjadi di beberapa daerah penyangga di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Jepara, Pati, Kudus, Grobogan, dan Karanganyar. Selain itu, peningkatan yang sama diprediksi akan turut terjadi di Kabupaten Serdang Bedagai dan Simalungun di Sumatera Utara.

“Kami perkirakan peningkatan trafik terbesar nantinya akan terjadi di kawasan pemukiman mengingat kita masih berada dalam situasi pandemi dan masih rawannya bencana alam,” jelas Gede. Selama perayaan Imlek, XL Axiata akan memberikan perhatian penuh pada kualitas jaringan di sejumlah kawasan pemukiman dan pusat perbelanjaan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×