Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jaringan stabil hal mutlak di era digitalisasi. Maka, XL Axiata mengimplementasikan platform Zero Touch Operation termasuk otomatisasi pengelolaan jaringan alias automation NOC (Network Operation Center). Dengan platform ini, XL Axiata bisa mempercepat proses deteksi terhadap ganguan jaringan dan dampaknya terhadap pelanggan. Dengan kemampuan mengetahui gangguan lebih awal, maka dampak gangguan, termasuk jumlah pelanggan yang terdampak, bisa diminimalisir.
Direktur & Chief Information-Digitalization Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan, penerapan platform Zero Touch Operation ini merupakan bagian dari transformasi digital XL Axiata. “Sejak tahun 2019 kami telah melakukan modernisasi pada setiap perangkat penunjang. Dengan menerapkan platform ini, banyak aktifitas operasional termasuk pengelolaan jaringan bisa diproses secara otomatis dengan pemanfaatan teknologi informasi TI,”kata Yessie, Kamis (21/1).
Implementasi platform Zero Touch Operation XL Axiata memberikan manfaat berupa antara lain ketersediaan jaringan meningkat sekitar 4,2%. Lalu volume download naik hingga 45%, waktu respons terhadap persoalan jaringan 90% lebih cepat, waktu untuk restorasi 35% lebih cepat, serta peningkatan kualitas 4G hingga 18%.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News