kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perhatian, operator sudah kerek tarif data


Senin, 24 November 2014 / 09:45 WIB
Perhatian, operator sudah kerek tarif data
ILUSTRASI. Manfaat asam jawa untuk kesehatan tubuh.


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Markus Sumartomjon

JAKARTA. Untuk menjaga performa bisnis, operator seluler sudah mengerek tarif layanan data. Apalagi diklaim, tarif layanan data di Indonesia masih rendah. 

President Director & CEO PT Indosat Tbk Alexander Rusli bilang bila dibandingkan dengan India, tarif layanan data di Indonesia masih lebih rendah tiga kali lipat. "Perlu peninjauan harga layanan data, apalagi tahun depan industri telekomunikasi siap implementasikan teknologi 4G," katanya, Kamis (20/11).

Seperti diketahui, teknologi 4G alias long term evolution (LTE) memiliki kecepatan akses data berlipat ketimbang 3G. Efeknya, kebutuhan layanan data yang dipakai masyarakat semakin besar.

Namun, operator belum mau buka-bukaan tarif data untuk teknologi LTE. Begitu pula Indosat. Yang jelas, untuk tarif harga layanan data Indosat sudah ada penyesuaian. "Tarif layanan data sudah naik kurang dari 5% sejak kuartal III tahun ini. Harga layanan data di Indonesia masih termasuk yang termurah," ujar Direktur Keuangan Indosat Curt Stefan Carlsson.

Sementara itu, menurut Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk Hasnul Suhaimi, operator cukup kesulitan untuk menentukan tarif layanan data. Menurutnya, ada baiknya pemerintah membantu agar Industri bisa sehat. "Langkah pemerintah bisa membuat industri sehat karena tidak lakukan perang tarif. Operator pun bisa berekspansi meningkatkan kualitas layanan," kata Hasnul.

Menurut Alex, tarif layanan data saat ini berkisar 4 sen dollar AS sampai 8 sen dollar AS atau Rp 0,04/kilobit (Kb) sampai Rp 0,08/Kb. Padahal, tahun lalu mencapai Rp 0,06 - 0,15/KB. Dia bilang, idealnya di Indonesia tarif data bisa mencapai Rp 0,1 per Kb sampai Rp 1,1 per Kb.

Langkah kenaikan tarif layanan data juga dilakukan  operator seluler lainnya. Melongok website resmi Telkomsel, sejak pertengahan tahun Telkomsel malah melakukan pembagian tarif layanan data berdasarkan zona wilayah.

Berikut cuplikan tarif data yang KONTAN ambil dari situs resmi perusahaan. Telkomsel memiliki tarif Rp 65.000 untuk total 2GB/bulan. XL memiliki tarif Rp 49.000 untuk total 3GB/bulan. Indosat memiliki tarif Rp 49.000 untuk total 11GB/bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×