kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,05   -17,44   -1.89%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peritel menikmati pertumbuhan kinerja di kuartal III-2018


Senin, 05 November 2018 / 16:37 WIB
Peritel menikmati pertumbuhan kinerja di kuartal III-2018
ILUSTRASI. Gerai Brics Milano


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan ritel sampai kuartal ketiga tahun ini mengalami pertumbuhan kinerja yang cukup baik, segmen minimarket masih mengalami pertumbuhan paling tinggi. Disusul kemudian oleh peritel multi format hingga gerai makanan siap saji. Salah satu kunci peritel bisa bertumbuh selain mulai pulihnya daya beli juga inovasi dan kesiapan peritel untuk mengantisipasi perubahan zaman.

PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) misalnya, perusahaan pemilik gerai Ramayana tersebut saat ini mulai menggarap segmen baru dengan format gerai Ramayana Prime. Sepanjang sembilan bulan pertama, perusahaan mencatat pertumbuhan 2,22% dan pertumbuhan laba sebesar 43,36%.

“Peningkatan kinerja di kuartal III ditentukan oleh transformasi yang dilakukan pada awal semester dengan pilihan brand makin banyak, service lebih baik dan penggunaan space lebih produktif,” ujar Setyadi Surya, Sekretaris Perusahaan RALS kepada Kontan.co.id, Senin (5/11).

Perusahaan menyampaikan bahwa akan terus mempertahankan momentum pertumbuhan kinerja pada kuartal IV, apalagi bagi peritel akhir tahun merupakan salah satu momentum penjualan yang cukup baik. Salah satunya adalah perusahaan mempersiapkan sejak jauh-jauh hari agar perjualan di akhir tahun bisa sesuai dengan harapan.

“Dengan terus mengupgrade gerai Ramayana khususnya gedung sendiri dengan menambahkan anchor tenant bergabung. Dengan hal tersebut memberikan space maka yield akan bertambah, pola lifestyle tercapai dan daya tarik semakin kuat dalam mendatangkan pengunjung,” lanjutnya.

Selain itu, perusahaan juga akan membuka dua gerai baru di kuartal terakhir tahun ini sebagai bagian dari ekspansi. Kedua gerai tersebut akan dibangun di luar Jabodetabek dan akan menerapkan konsep yang baru hasil dari transformasi bisnis, khususnya menghadirkan brand-brand ternama.

Senada, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) juga mencatatkan performa yang baik dengan mencatat pertumbuhan pendapatan 18% dan laba bersih 130%. Salah satu strategi perusahaan berhasil mencatatkan kinerja baik adalah penerapan strategi yang apik dalam mengatasi pelemahan rupiah.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×