kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Perkuat layanan dengan teknologi, PLN Batam kenalkan advanced metering infrastructure


Minggu, 15 Agustus 2021 / 13:21 WIB
Perkuat layanan dengan teknologi, PLN Batam kenalkan advanced metering infrastructure
ILUSTRASI. PLN Batam


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergerakan ekonomi di Kota Batam terus meningkat ditambah banyaknya pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk memperkuat kota tersebut sebagai salah satu pusat perdagangan dan kemaritiman di Indonesia.

Hal itu juga membuat tingkat demand listrik di Kota Batam terus meningkat dan menjadi tantangan bagi PLN Batam untuk meningkatkan kapasitas produksi energi listrik dan jaringan transmisi ke pelanggan. 

Seiring perkembangan zaman, sistem jaringan kelistrikan yang konvensional dinilai belum mampu memenuhi demand yang meningkat. Oleh karena itu,  PLN Batam telah mengembangkan proyek Advanced Metering Infrastructure (AMI).

Direktur Utama Bright PLN Batam Nyoman Astawa menjelaskan bahwa AMI merupakan sistem kelistrikan yang melibatkan penggunaan teknologi berbasis informasi dan komunikasi untuk mengontrol keseluruhan infrastruktur smart meter yang tersebar.

Baca Juga: Sebelum pasang listrik, kenali dua jenis layanan listrik dari PLN

AMI menggunakan jaringan komunikasi dua arah menuju operational center dan semua program aplikasi yang digunakan. Sistem AMI ini didukung oleh optimalisasi fiber optic, radio link, dan power line carrier (PLC).

“Dengan melibatkan teknologi yang ada, baik itu dari hard components seperti fiber optic hingga soft component seperti cloud dan artificial intelligence (AI), akan banyak manfaat yang dapat diperoleh PLN Batam dan pelanggan,”kata Nyoman dalam press rilis yang diterima Kontan.co.id, Minggu (15/8).

Nyoman menyebutkan manfaat-manfaat tersebut adalah seperti perolehan data yang lebih lengkap dan cepat, pencapaian produktivitas kerja yang lebih efektif dan efisien, memotong biaya operasional, dan masih banyak lagi. 

"Untuk pelanggan AMI akan kami berikan kesempatan kepada mereka untuk mendapatkan informasi-informasi dari PLN Batam secara lebih mudah dan transparan. Sehingga keterlibatan antara PLN Batam selaku supplier dan demand dari pelanggan akan menimbulkan ekosistem dengan integrasi yang kuat dan berkelanjutan," ungkap Nyoman.

Baca Juga: Separuh kebutuhan listrik di Merauke berpotensi dipasok dari energi baru terbarukan

Untuk menyukseskan proyek AMI, PLN Batam sedang fokus pada beberapa hal yang perlu dilakukan. Pertama, AMI dihadirkan sesuai dengan yang diinginkan seluruh pelanggan.

Kedua, mengembangkan utilitas tidak hanya antara PLN Batam ke pelanggan tetapi bisa menjangkau hingga ke banyak dimensi dan berjalan secara dinamis. Ketiga, bagaimana supporting system lainnya yang dapat membawa manfaat proyek AMI ini hingga ke spektrum layanan yang lebih luas dan beragam.

"PLN Batam berharap dengan pengembangan proyek AMI ini dapat memberikan kesempatan juga kepada Kota Batam untuk memulihkan kondisi perekonomian akibat pandemi yang saat ini masih terjadi dan telah mengganggu kelancaran ekosistem perdagangan dan sektor lainnya," kata Nyoman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

[X]
×