kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45784,56   -4,98   -0.63%
  • EMAS937.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.36%
  • RD.CAMPURAN -0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Perkuat sinergi, Krakatau Tirta Industri akuisisi Krakatau Perbengkelan dan Perawatan


Jumat, 05 Juni 2020 / 21:53 WIB
Perkuat sinergi, Krakatau Tirta Industri akuisisi Krakatau Perbengkelan dan Perawatan
ILUSTRASI. Pabrik pembuatan hot rolled coil (HRC) PT Krakatau Steel (Persero) Tbk

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Krakatau  Tirta Industri (KTI) telah menandatangani akta jual beli saham senilai Rp 57,95 miliar atas saham PT Krakatau Engineering (KE) di PT Krakatau Perbengkelan dan Perawatan (KPDP) di kota Cilegon pada Jumat (29/5). 

Adapun saham yang dipindahtangankan setara 80% dari total modal KPDP telah ditempatkan dan disetor penuh. 

Baca Juga: Pertama dalam 8 tahun terakhir, Krakatau Steel cetak laba Rp 1,07 triliun

Perlu diketahui, transaksi yang dilakukan sejatinya merupakan transaksi afiliasi. Mengingat, KPDP merupakan perusahaan bidang perbengkelan, jasa, dan perindustrian yang sahamnya dimiliki oleh KE. 

Sementara KE merupakan badan usaha bidang jasa perekayasaan, pengadaan, dan konstruksi (EPC) serta manajemen proyek yang 99,99% sahamnya dimiliki oleh PT Krakatau Steel Tbk (KRAS). 

Begitu pula halnya dengan KTI, badan usaha yang bergerak di bidang distribusi dan jasa pengelolaan air industri tersebut 99,99% sahamnya dimiliki oleh KRAS.

“Dengan mempertimbangkan bahwa KPDP sudah memiliki kemampuan engineering, procurement dan construction pada beberapa proyek industri termasuk proyek KTI sendiri, maka KTI melakukan akuisisi KPDP guna mendukung rencana pengembangan ke depan serta memperkuat sinergi antar perusahaan dan grup,” kata Corporate Secretary KRAS Pria Utama dalam keterangan tertulis di keterbukaan informasi seperti dikutip Kontan.co.id. 

Baca Juga: Terpukul akibat corona, begini keluh kesah pelaku industri baja

Akuisisi KPDP dilakukan guna mendukung rencana pengembangan KTI di berbagai proyek milik perusahaan seperti proyek Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) yang pelaksanaannya dilakukan dengan bekerja sama dengan PT Chandra Asri Petrochemical, proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di beberapa daerah, dan lain-lain.

Tindakan ini dipercaya dapat menunjang profitabilitas KRAS secara konsolidasi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×