kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Permintaan Alat Berat Menggeliat, United Tractors Kerek Target Penjualan di Tahun Ini


Senin, 04 Juli 2022 / 07:00 WIB
Permintaan Alat Berat Menggeliat, United Tractors Kerek Target Penjualan di Tahun Ini
ILUSTRASI. Alat berat Komatsu dari United Tractors (UNTR)


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenaikan harga sejumlah komoditas dan ekonomi yang terus membaik di tahun ini mengerek kinerja industri alat berat. Tak ayal, permintaan terhadap alat berat pun melonjak pada tahun 2022.

Alhasil, PT United Tractors Tbk (UNTR) meraup berkah dari hal tersebut. Kini, anak usaha PT Astra International (ASII) ini pun memilih untuk mengerek target penjualan alat berat hingga akhir tahun nanti.

Manajemen United Tractors memutuskan mengerek target penjualan alat berat merek Komatsu dari sebelumnya 3.700 unit menjadi 4.800 unit untuk tahun 2022.

Proyeksi terbaru ini sudah melalui serangkaian tinjauan bersama antara United Tractors selaku distributor dan pihak prinsipal selaku produsen alat berat dalam rangka meningkatkan produksi.

“Jadi, tentu semua sudah disiapkan. Adapun sektor yang berpotensi menyerap alat berat kami masih dari sektor tambang,” ungkap Sekretaris Perusahaan United Tractors Sara K. Loebis, Jumat (1/7).

Baca Juga: United Tractors (UNTR) Diuntungkan Pelemahan Rupiah, Simak Rekomendasi Sahamnya

Sebagai informasi, dalam 5 bulan pertama 2022, penjualan alat berat Komatsu mencapai 2.400 unit atau melesat 123,04% year on year (yoy). Pada periode Januari-Mei 2021, penjualan alat berat Komatsu UNTR hanya 1.076 unit. Secara year to date (ytd), pangsa pasar alat berat Komatsu di Januari-Mei 2022 tercatat sebesar 28%.

Dari total 2.400 unit alat berat yang dijual United Tractors tersebut, sebanyak 62% di antaranya ditujukan untuk sektor pertambangan, 11% untuk sektor kehutanan, 17% untuk sektor konstruksi, dan 10% untuk sektor agrobisnis.

Terkait adanya tantangan keterbatasan bahan baku atau komponen pembuatan alat berat, secara singkat Sara menjelaskan bahwa prinsipal alat berat United Tractors senantiasa berupaya memiliki beberapa sumber untuk memenuhi kebutuhan komponen tersebut. Hal ini merupakan bagian dari antisipasi supaya suplai alat berat kepada pelanggan United Tractors tetap terjaga.

Asal tahu saja, United Tractors menjual berbagai jenis alat berat merek Komatsu asal Jepang. Di antaranya adalah Backhoe Loader, Bulldozer, Forwarder, Hydraulic Excavator, Motor Grader, Off Highway Dump Truck, Wheel Dozer, dan Wheel Loader.

 

Jaringan distribusi penjualan alat berat United Tractors tersebar dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×