kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,44   -8,07   -0.86%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Permintaan positif, Mitra Pinasthika Mustika (MPMX) optimalkan penjualan mobil bekas


Senin, 15 November 2021 / 17:21 WIB
Permintaan positif, Mitra Pinasthika Mustika (MPMX) optimalkan penjualan mobil bekas
ILUSTRASI. salah satu segmen bisnis?Mitra Pinasthika Mustika Rent


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) meyakini bisnis jual-beli mobil bekas memiliki potensi yang besar di Indonesia di sepanjang tahun 2021.

Salah satu strategi yang dilakukan MPMX terkait bisnis mobil bekas adalah meluncurkan platform OtoDeals pada September 2021 lalu. OtoDeals dikembangkan oleh anak usaha MPMX di bidang produk digital yaitu PT Armada Maha Karya. Platform ini memberikan kemudahan bagi konsumen untuk membeli mobil bekas yang berkualitas, bergaransi, dan sesuai kebutuhan masing-masing.

GM Corporate Communication & Sustainability MPMX Natalia Lusnita mengatakan, permintaan dan penjualan mobil bekas sejauh ini masih tetap stabil, bahkan cenderung mengalami peningkatan jelang akhir tahun. Multi Purpose Vehicle (MPV) kasih menjadi jenis mobil bekas yang banyak diburu oleh konsumen.

Dia juga bilang, perbedaan harga mobil bekas dengan mobil baru tentu beragam dan tergantung pada jenis dan merek mobil itu sendiri.

“Tipe mobil yang popular dan banyak peminatnya akan memiliki depresiasi yang lebih kecil dibandingkan dengan tipe yang kurang banyak peminatnya,” ujar dia, Jumat (12/11).

Baca Juga: Lewat sektor transportasi, anak usaha Mitra Pinasthika dorong pemulihan ekonomi

Manajemen Mitra Pinasthika Mustika menilai, persaingan di industri mobil bekas cukup baik dan kompetitif. Pada dasarnya, keberadaan persaingan dapat memotivasi para pelaku usaha mobil bekas untuk terus melakukan inovasi maupun membuat berbagai program penjualan yang dapat menarik konsumen.

Selain harga yang kompetitif, Mitra Pinasthika Mustika yakin bahwa keamanan dan kenyamanan mobil bekas yang berkualitas akan menjadi faktor yang turut mempengaruhi penjualan dan harga produk tersebut.

Di sisi lain, kebijakan insentif PPnBM 100% memang dapat mempengaruhi penjualan mobil bekas, namun pengaruh yang ditimbulkan oleh insentif tersebut tidaklah bersifat negatif. Mobil bekas tetap memiliki pasarnya tersendiri dalam industri otomotif nasional.

Melalui platform OtoDeals, MPMX berkomitmen untuk menyediakan mobil bekas yang berkualitas dengan proses pengecekan kondisi mobil yang telah melalui seleksi ketat atau lebih dari 100 titik inspeksi, sehingga unit mobil bekas yang dipasarkan dapat dipastikan berada dalam kondisi prima dan siap pakai.

“Para pelanggan akan mendapat kemudahan dengan full online journey yang bisa dilakukan melalui situs OtoDeals.com milik kami,” terang Natalia.

 

Terkait kinerja, hingga kuartal III-2021, Mitra Pinasthika Mustika mencatatkan kenaikan pendapatan neto sebesar 15,31% (yoy) menjadi Rp 9,56 triliun. Di periode yang sama, MPMX berhasil meraih laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 322,52 miliar, sedangkan per kuartal III-2020 perusahaan ini masih menderita rugi bersih Rp 10,87 miliar.

Manajemen MPMX bersyukur atas kinerja positif tersebut terlepas dari adanya kebijakan PPKM darurat di pertengahan tahun ini. Sejauh ini, pihak MPMX masih optimistis mampu mempertahankan tren positif kinerja keuangan tersebut sampai akhir tahun nanti, mengingat indikator operasional menunjukkan perbaikan performa di seluruh segmen usaha.

“Kami berharap semoga tren ini juga terus didukung oleh kondisi pandemi Covid-19 yang terus membaik di semua wilayah Indonesia,” pungkas Natalia.

Selanjutnya: Saham bank mini fluktuatif jelang rights issue, analis: Menarik untuk trading

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×