kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,58   -2,96   -0.33%
  • EMAS1.324.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Permintaan Sewa Apartemen Kuartal I 2023 Didominasi Generasi X dan Milenial


Selasa, 27 Juni 2023 / 11:29 WIB
Permintaan Sewa Apartemen Kuartal I 2023 Didominasi Generasi X dan Milenial
ILUSTRASI. Generasi X dan Generasi Milenial terlihat mendominasi permintaan hunian apartemen sepanjang lima tahun terakhir. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama/17.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. 99 Group, marketplace properti yang menaungi 99.co Indonesia dan Rumah123.com, mengungkap preferensi hunian apartemen di kalangan empat generasi, yakni Generasi Boomers, Generasi X, Generasi Milenial dan Generasi Z. 

Berdasarkan data 99 Group terkait tren permintaan apartemen tahun 2018 hingga 2022, Generasi X dan Generasi Milenial terlihat mendominasi permintaan hunian apartemen sepanjang lima tahun terakhir. Di sisi lain, tren permintaan Generasi Z terhadap apartemen mengalami pertumbuhan mulai tahun 2021 (4,99%) hingga 2022 (11,68%).

VP Product 99 Group Indonesia Agus Herryanto mengatakan, bahwa Generasi Z, yang lahir antara pertengahan 1990-an hingga pertengahan 2000-an, semakin tertarik memiliki hunian apartemen. Pertumbuhan permintaan mereka menunjukkan bahwa mereka menjadi segmen pasar yang menarik dalam industri properti, terutama dalam kategori apartemen. 

Baca Juga: Perintis Triniti (TRIN) Bidik Marketing Sales Rp 1 Triliun pada 2023, Ini Strateginya

"Temuan ini bisa menjadi salah satu acuan bagi pengembang dan pemasar properti untuk semakin mengenali target pasar dan merancang strategi pemasaran yang relevan guna menarik minat Generasi Z dalam membeli atau menyewa apartemen," paparnya dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Selasa (27/6). 

Salah satu pertimbangan yang paling mempengaruhi minat terhadap apartemen adalah efisiensi transportasi dan aksesibilitas. 
Selain itu, hunian vertikal seperti apartemen yang menargetkan kelas menengah dan atas juga menawarkan dukungan kemudahan hidup dengan fasilitas dan amenitas yang komprehensif dalam satu kawasan, seperti taman bermain, kolam renang, gym, dan sebagainya.

Apabila ditinjau dari segi ukuran, Generasi Z menyukai ukuran unit kisaran 30-120 meter persegi. Sedangkan Milenial dan Generasi X hampir memiliki minat yang serupa. Kedua generasi itu menyukai ukuran luas unit 30-80 meter persegi. 

Sementara Boomers lebih menginginkan ukuran unit 30-80 meter persegi dan 120-200 meter persegi. Minat Milenial dan Generasi X dengan ukuran yang lebih kecil dikarenakan kecenderungan memperhatikan efisiensi dan kepraktisan dalam gaya hidup. 

“Ukuran apartemen yang lebih kecil memungkinkan mereka untuk hidup lebih hemat dalam pengeluaran biaya sewa hingga tagihan utilitas lainnya, dan juga memudahkan mereka dalam hal pemeliharaan dan membersihkan apartemen. Selain itu, apartemen dengan ukuran kecil juga cocok dengan gaya hidup urban dan padat penduduk, karena lokasinya yang lebih strategis dan lebih terjangkau di pusat perkotaan,” ungkap Agus.

Dalam hal preferensi harga, Generasi Z terlihat mencari unit apartemen dengan kisaran harga beli di bawah Rp400 juta (22,08 persen) dan Rp3-5 miliar (26,6 persen). Ada sejumlah kemungkinan yang membuat Generasi Z mencari unit apartemen dengan harga yang mahal, seperti untuk menakar kemampuannya dalam membeli hunian, membantu keluarga dalam mencarikan properti dikarenakan mereka lebih melek teknologi, hingga sekadar window shopping.

Baca Juga: Kepala BPN Sebut Lebih dari 130 Tower Apartemen di Jakarta Belum Bersertifikat

Sementara Milenial dan Generasi X memiliki minat yang cukup sama. Mereka terlihat lebih menyukai apartemen dengan kisaran harga mulai di bawah Rp400-Rp650 juta. Di sisi lain, Generasi Boomers, permintaan pada unit dengan harga rendah di bawah Rp400 juta cenderung signifikan (43,24 persen). 

Di sisi lain, proporsi preferensi generasi Boomers pada rentang harga Rp2-5 miliar terlihat lebih signifikan jika dibandingkan dengan Milenial dan Generasi X.

Secara umum pada kuartal pertama tahun 2023 ini, 99 Group mencatat permintaan terhadap apartemen terus meningkat dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. 

Di kuartal pertama 2023, pertumbuhan permintaan apartemen yang dijual tumbuh sebesar 24,2% dan 46% untuk apartemen yang disewakan dibandingkan kuartal sebelumnya. Temuan ini dapat menjadi indikator yang baik untuk optimisme dalam sektor apartemen di tahun 2023. 

Adapun wilayah terpopuler untuk permintaan sewa & jual apartemen berada di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Tangerang, dan Surabaya.

“Dengan pertimbangan kelangkaan lahan dan kebutuhan akan mobilitas yang lebih baik bagi mereka yang beraktivitas utama di pusat kota, hunian apartemen akan terus menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang mencari pilihan hunian yang lebih terjangkau dan ingin tinggal di pusat kota. Apartemen-apartemen yang biasanya terletak di wilayah pusat perkotaan menawarkan kemudahan akses, jarak yang lebih dekat ke pusat bisnis, hingga fasilitas pendukung yang tersedia di kompleks apartemen, sehingga memberikan kemudahan hidup bagi para penghuninya,” pungkas Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×