kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perpanjangan insentif 100% PPnBM dapat mengangkat penjualan mobil Daihatsu


Selasa, 21 September 2021 / 09:50 WIB
Perpanjangan insentif 100% PPnBM dapat mengangkat penjualan mobil Daihatsu
ILUSTRASI. Area fasilitas perakitan mobil Daihatsu di Karawang Assembly Plant, Jawa Barat. Astra Daihatsu Motor menilai positif perpanjangan masa berlaku diskon 100% PPnBM sektor otomotif sampai akhir 2021.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menilai positif atas kebijakan perpanjangan masa berlaku diskon 100% Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) di sektor otomotif sampai akhir tahun 2021.

Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso menyampaikan, jika dibandingkan rata-rata penjualan ritel 2 bulan pertama (Januari-Februari) di tahun 2021 dengan penjualan selama 6 bulan berikutnya (Maret-Agustus) usai pemberlakuan relaksasi 100% PPnBM, maka rata-rata penjualan mobil Daihatsu mengalami kenaikan 31%.

“Untuk itu, kami yakin bahwa perpanjangan kebijakan relaksasi PPnBM sampai akhir tahun ini akan sangat berdampak positif bagi pasar otomotif Indonesia,” ujar dia, Selasa (21/9).

Baca Juga: Gaikindo sambut positif perpanjangan diskon 100% PPnBM otomotif

Dia juga menilai, kebijakan insentif PPnBM sangat menguntungkan bagi industri otomotif dan bisa menjadi stimulus bagi konsumen untuk melakukan pembelian mobil baru di tengah situasi ketidakpastian perekonomian nasional saat masa pandemi Covid-19.

Sebagai informasi, dalam berita sebelumnya, tercatat bahwa penjualan ritel Daihatsu mencapai 89.601 unit di periode Januari-Agustus 2021. Di saat yang sama, penjualan wholesales Daihatsu mencapai 98.519 unit.

Hendrayadi juga menambahkan, pelanggan yang sudah telanjur membeli mobil dengan harga OTR yang insentif PPnBM-nya hanya 25% di awal sampai pertengahan September tidak perlu khawatir. Sebab, pelanggan tersebut dipastikan akan menerima pengembalian dana dari selisih harga OTR tersebut.       

Baca Juga: HPM: Insentif PPnBM 100% di sektor otomotif sangat efektif meningkatkan permintaan

Daihatsu memproyeksikan akan tetap mengambil porsi minimal 17% dari total pasar otomotif Indonesia di tahun 2021. Alhasil, Daihatsu diperkirakan tetap mampu mempertahankan posisi pangsa pasar nomor dua di Indonesia.

Lantaran 75% pembelian mobil Daihatsu dilakukan dengan cara pembayaran kredit, maka di sisa tahun ini Daihatsu akan semakin agresif dalam menyediakan paket-paket kredit yang atraktif dan terjangkau.

“Hal ini didukung oleh Astra Daihatsu Value Chain, baik dari perusahaan pembiayaan dan asuransi,” tutup Hendrayadi.

Baca Juga: Diskon PPnBM 100% sektor otomotif diperpanjang, begini tanggapan Honda Prospect Motor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×