kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perpustakaan online Indosat dibanjiri pengunjung


Senin, 24 Agustus 2015 / 16:02 WIB
Perpustakaan online Indosat dibanjiri pengunjung


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Havid Vebri

JAKARTA. PT Indosat Tbk memperluas layanan digital services. Selain jual beli online untuk consumer goods, kini situs cipika.co.id milik Indosat melayani permintaan rental buku secara online melalui aplikasi Cipikabookmate.

"Idenya, aplikasi itu ditujukan untuk mengisi waktu pengguna untuk membaca di jeda waktu yang sempit," ujar Alexander Rusli, Direktur Utama Indosat, (24/8).

Misal, saat pengguna memulai aktivitasnya di pagi hari setelah bangun tidur. Atau saat sedang di mobil atau kendaraan umum sembari menunggu macet.

Nah, karena di waktu yang sempit, maka pengguna butuh interface aplikasi yang sangat mudah dibaca. Nah, hal ini yang menjadi pembeda Cipikabookmate dengan aplikasi lain yang sejenis.

Alex menjelaskan, jika aplikasi lain kebanyakan hanya sekadar mengupload buku atau novel dalam bentuk yang utuh. Sementara, sebagian besar Cipikabookmate hanya menampilkan bentuk teks.

"Soalnya, jangan sampai interface itu membuat mata pembaca menjadi enggak nyaman. Di aplikasi ini, besar kecilnya huruf juga bisa diatur menyesuaikan kenyamanan baca bagi pengguna," jelas Alex.

Pada kesempatan yang sama, Prashant Gokarn, Chief Digital Services Officer Indosat bilang, respon atas aplikasi yang sejatinya sudah diperkenalkan ke publik belum lama ini memperoleh respon yang cukup positif.

Hingga saat ini, jumlah subscriber aplikasi tersebut sebanyak 2.800 subscriber melalui Android. Sementara, melalui iOS jumlahnya sebesar 1.200 subscriber. Dari total tersebut, sebesar 40% diantaranya merupakan subscriber premium. Sisanya adalah subscriber reguler.

"Hingga akhir tahun, targetnya ada 20.000 subscriber," tandas Prashant. Sayang, dia enggan merinci target pendapatan melalui layanan ini. Yang jelas, perseroan mengambil komisi tertentu dari setiap buku yang disewa.

Komisi itulah yang menjadi sumber pendapatan Indosat. Sebagaimana diketahui, Cipikabookmate merupakan kolaborasi antara layanan online milik perseroan, cipika.co.id dan Bookmate yang merupakan platform internasional layanan digital book.

Sebelum menggunakan aplikasi ini, pengguna wajib menjadi pelanggan dengan membuat akun melalui cipika.co.id. Tersedia pilihan paket berlangganan Cipikabookmate  dengan harga yang cukup murah.

Untuk paket standar, tarifnya Rp 39.000 per bulan. Sementara, untuk paket premium, tarifnya Rp 59.000 per bulan. Dengan paket premium, tentunya pelanggan bisa memperoleh fitur tambahan ketimbang paket reguler.

Prashant menambahkan, aplikasi ini tidak hanya membantu para penerbit dan penulis yang memang sudah memiliki nama, tapi juga bagi mereka yang masih dalam taraf pemula. Bahkan, aplikasi ini juga turut memperluas jangkauan pendidikan.

"Karena kami juga sudah menjajaki dua universitas, UI dan ITB," pungkas Prashant. Universitas tersebut diajak untuk ikut memanfaatkan aplikasi ini guna menyebarkan materi dan panduan-panduan pendidikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU

[X]
×