kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Persiapan Smartfren uji coba 5G


Minggu, 16 Juni 2019 / 16:25 WIB
Persiapan Smartfren uji coba 5G

Berita Terkait

Reporter: Harry Muthahhari | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Smartfren Telecom Tbk atau Smartfren sudah mempersiapkan diri untuk mencoba jaringan teranyar yang niscaya bakal diaplikasikan yakni 5G. Rencananya uji coba 5G bakal dilaksanakan di Marunda, Jakarta Utara.

Direktur Utama Smartfren Merza Fachys bahwa pihaknya sudah menyiapkan berbagai hal yang perlu dilakukan. Di antaranya izin percobaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.


“Persiapan lainnya perjanjian kerja sama dengan vendor, scenario trial, desain dan perincian perangkat yang dibutuhkan, izin tempat, dan delivery barang-barang dan izin impor barang,” katanya kepada Kontan.co.id pada Jumat (14/6).

Merza mengatakan pihaknya belum menghitung seberapa besar nilai investasi untuk percobaan 5G tersebut. Tapi yang jelas, dirinya sudah menunjuk perusahaan manufaktur telekomunikasi asal China, ZTE.

Mengutip Kompas.com, implementasi komersial 5G masih bergantung pada frekuensi yang kelak dialokasikan. Jika frekuensi bisa luas, maka 5G bisa digunakan untuk layanan konsumen. Tapi jika terbatas maka 5G hanya digunakan untuk keperluan tertentu saja.

Sampai saat ini, alokasi frekuensi masih belum jelas. Menurut Merza, frekuensi yang tersedia saat ini hampir seluruhnya digunakan.


Tag

Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×