kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Persiapkan Angkutan Lebaran, Ditjen Perkeretaapian Lakukan Ramp Check Sejak Februari


Jumat, 17 Maret 2023 / 11:18 WIB
Persiapkan Angkutan Lebaran, Ditjen Perkeretaapian Lakukan Ramp Check Sejak Februari
ILUSTRASI. Logo KAI


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan menyatakan telah melaksanakan kegiatan ramp check di 9 Daerah Operasi (Daop) dan 4 Divisi Regional (DIVRE).

Selain ramp check juga dilakukan inspeksi keselamatan perkeretaapian yang dilaksanakan bersama dengan PT KAI (Persero) dan KNKT dengan menggunakan Kereta Api Inspeksi. Upaya tersebut dilakukan guna menyiapkan angkutan sektor kereta api pada lebaran 2023.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Djarot Tri Wardhono mengatakan, kegiatan ramp check dan Inspeksi perkeretaapian merupakan kegiatan rutin yang dilakukan terlebih setiap menjelang masa Angkutan Lebaran dan Nataru.

Baca Juga: KAI Lakukan Uji Coba Operasional Terbatas KA Bogor-Sukabumi Pasca Longsor

"Sebagai bentuk upaya persiapan Angkutan Lebaran tahun ini, kami telah melaksanakan kegiatan ramp check dan inspeksi baik dari sisi sarana dan prasarana perkeretaapian yang dimulai sejak bulan Februari hingga bulan Maret," tutur Djarot dalam keterangan tertulis, Jumat (17/3).

Lebih lanjut, Djarot mengatakan, Kementerian Perhubungan juga akan mengadakan Posko Pengawasan Terpadu dalam rangka monitoring penyelenggaraan transportasi serta perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi kereta api pada masa Angkutan Lebaran 2023.

Adapun guna mengantisipasi adanya lonjakan penumpang, DJKA berkoordinasi dengan operator untuk dilakukan penambahan frekuensi dan kapasitas perjalanan KA dengan mengoptimalkan sarana siap operasi yang tersedia.

"Untuk mengantisipasi gangguan sarana dan prasarana, kami juga akan menempatkan lokomotif posko, kereta pembangkit, crane serta penempatan AMUS pada lokasi yang ditentukan, harapannya pelaksanaan Angkutan Lebaran tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan zero accident seperti tahun sebelumnya" tambah Djarot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×