kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45882,93   -5,57   -0.63%
  • EMAS937.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Pertamina dorong penggunaan BBM ramah lingkungan


Minggu, 28 Maret 2021 / 16:30 WIB
Pertamina dorong penggunaan BBM ramah lingkungan
ILUSTRASI. Papan daftar harga dan jenis bahan bakar yang dijual di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pertamina di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (25/11). KONTAN/Cheppy A. Muchlis/25/11/2020

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertamina terus berkomitmen menyediakan energi hingga pelosok negeri. Kualitas bahan bakar juga terus dikembangkan mengikuti kebutuhan mesin modern dan aman bagi lingkungan. 

Salah satunya dengan mengembangkan produk berkualitas yakni Perta Series untuk produk gasoline dan Dex Series untuk produk gasoil.

Perta Series menawarkan produk antara lain Pertalite dengan angka Research Octane Number (RON) 90, Pertamax RON 92, dan Pertamax Turbo dengan RON 98. Sedangkan Dex Series, ditawarkan Dexlite dengan Cetane Number (CN) 51 dan Pertamina Dex dengan CN 53.

Baca Juga: Pengamat transportasi sarankan penerbitan perpres terkait peniadaan mudik 2021

“RON dan CN bisa digunakan sebagai acuan bagi masyarakat untuk kendaraannya, biasanya kebutuhan minimal RON atau CN yang sesuai spesifikasi mesin tercantum dalam buku panduan kendaraan. Sudah seharusnya penggunaan BBM disesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi kendaraan agar mesin optimal dan emisinya sesuai dengan batasan yang ditetapkan,” jelas Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Putut Andriatno dalam keterangan resminya, Minggu (28/3).

Selain kandungan RON dan CN yang disesuaikan dengan spesifikasi mesin, tambah Putut, produk Perta Series dan Dex Series juga dilengkapi dengan formula dan zat aditif. Fungsinya adalah untuk membersihkan endapan kotoran pada mesin, menjaga mesin dari pengkaratan, serta untuk efisiensi pemakaian bahan bakar.

“Jadi selain memastikan proses pembakaran yang optimal, BBM berkualitas ini membantu menjaga kebersihan dan bagian-bagian mesin sehingga lebih awet. Mesin yang terawat dan dapat bekerja dengan optimal, mesin yang bekerja dengan baik dan pembakaran yang optimal akan berpengaruh langsung terhadap konsumsi bahan bakar, pemakaiannya akan lebih irit,” kata Putut.

Selain performa dan kehandalan kendaraan, keuntungan menggunakan Perta Series dan Dex Series adalah emisi gas buang yang dihasilkan lebih ramah lingkungan. Emisi gas buang biasanya diukur dari kandungan sulfur dengan satuan parts per million (ppm), makin kecil kandungan sulfur dalam bahan bakar, maka makin rendah juga emisi gas buang yang dihasilkan.

Untuk Perta Series, Pertamax Turbo RON 98 menawarkan emisi gas buang yang terbaik, dengan kandungan sulfur maksimal 50 ppm atau setara dengan standar emisi EURO 4. Sedangkan untuk Pertamax RON 92 memiliki kandungan sulfur maksimal 300 ppm dan Pertalite RON 90 maksimal 500 ppm. 

Baca Juga: Holding BUMN baterai gencar mencari mitra untuk diajak kerja sama

Untuk Dex Series, Pertamina Dex CN 53 adalah produk terbaik dengan kandungan sulfur maksimal 300 ppm atau setara dengan standar emisi EURO 3, dan Dexlite CN 51 maksimal 1.200 ppm.

“Saat ini, seluruh produk Pertamina mengarah kepada pemenuhan kriteria standar emisi EURO 4. Hal ini selaras dengan tujuan pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) No. 20/Setjen/Kum.1/3/2017 tanggal 10 Maret 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan,” tambah Putut.

Selanjutnya: Volume distribusi Perusahaan Gas Negara (PGAS) meningkat, ini rekomendasi Maybank

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU

[X]
×