kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina EP bangun museum migas tiga dimensi pertama di Indonesia


Senin, 05 Februari 2018 / 16:26 WIB
Pertamina EP bangun museum migas tiga dimensi pertama di Indonesia
ILUSTRASI. Pengeboran Minyak di Lpangan Minyak Tua Desa Nglobo


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA-PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) yang merupakan kontraktor kontrak kerja sama di bawah supervisi dan koordinasi SKK Migas, membangun museum tentang minyak dan gas dengan konsep tiga dimensi (3D) satu-satunya di Indonesia. Museum yang dibangun di atas lahan 4.000 meter persegi di Komplek Pertamina EP Asset II, unit bisnis Pertamina EP, di Prabumulih, Sumatera Selatan.

“Saat ini pengerjaannya mencapai 80%. Insya Allah museum migas 3D Pertamina EP ini diresmikan Maret 2018 dan terbuka untuk umum,” ujar Muhammad Baron, Manajer Humas PT Pertamina EP, dalam rilisnya, Senin (5/2).

Menurut Baron, museum migas 3D yang dibangun Pertamina EP merupakan salah satu bentuk tanggungjawab sosial (corporate social responsibility) perusahaan di bidang pendidikan. Keberadaan museum ini diharapkan menjadi pusat pendidikan (education centre) sehingga masyarakat luas dapat memperoleh pengetahuan yang tepat terkait kegiatan hulu migas, mulai dari sejarah migas, proses kerja hingga, siapa saja yang terlibat dalam proses pencarian migas bagi kepentingan bangsa dan negara.

“Kami ingin menciptakan lokasi wisata, tidak hanya untuk rekreasi tetapi juga media pengetahuan agar masyarakat umum mengetahui apa yang kami kerjakan demi  memenuhi kebutuhan energi nasional,” ujar Baron.
 
General Manager Pertamina EP Asset II  Ekariza menambahkan,  museum migas 3D  di Pertamina EP Asset 2 berisi diorama pengeboran migas dan lukisan tiga dimensi bertema migas. Museum ini dilengkapi learning center, kafe dan fasilitas outbond. “Ini adalah museum migas 3D satu-satunya di Indonesia dan Sumatera Selatan,” katanya.

Menurut Ekariza, proses pengerjaan museum migas 3D hampir tuntas. Nantinya museum tersebut menjadi destinasi wisata hiburan di Kota Prabumulih. 

“Ide ini sudah lama tapi baru terlaksana sekarang. Dengan adanya museum migas 3D, menjadi edukasi bagi para pelajar dan masyarakat umum di Prabumulih dan Sumsel,” katanya.

Ridho Yaya, Walikota Prabumulih, menyambut positif kehadiran museum migas 3D.Dia berharap museum ini dapat dimanfaatkan bagi generasi muda di kota tersebut. Apalagi, pemerintah pusat telah menetapkan Kota Prabumulih sebagai kota percontohan gas nasional. Sekarang Kota Prabumulih satu-satunya mempunyai museum migas 3D di Indonesia.  

“Ini sungguh luar biasa apa yang dilakukan Pertamina. Nantinya bisa jadi destinasi wisata bagi masyarakat Prabumulih dan Sumsel, bahkan untuk masyarakat Indonesia,” katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×