kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina EP: Progres pemulihan CPP Gundih sudah mencapai 44%


Jumat, 10 Juli 2020 / 21:54 WIB
Pertamina EP: Progres pemulihan CPP Gundih sudah mencapai 44%
ILUSTRASI. CPP Gundih?Pertamina EP Cepu


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina EP melakukan pengecekan pengerjaan dan kesiapan peralatan untuk penunjang proses pemulihan (recovery) Central Processing Plant (CPP) Gundih, Blora , Jawa Tengah yang sempat terbakar beberapa waktu lalu. Pekerjaan pemulihan itu berjalan lancar dan ditargetkan rampung pada bulan November tahun ini.

General Manager Pertamina EP Asset 4 Agus Amperianto mengungkapkan, kegiatan pemulihan itu terus berlangsung dan tidak mengalami gangguan. Secara kumulatif, progresnya hingga awal Juli 2020 sudah mencapai sekitar 44%.

Pertamina EP telah melakukan pengecekan terhadap penunjang pemulihan yakni fabrikasi Thermal Oil Heater yang bagian dari Acid Gas Removal Unit (AGRU) yang berfungsi untuk menghilangkan sulfur dan CO2, untuk memenuhi standard gas jual ke konsumen.

Baca Juga: Pertamina EP Cepu pasang selexol regenerator di proyek JTB

Secara garis besar, struktur proses utama dari CPP Gundih terdiri dari Proses Separasi, Proses AGRU, Dehidration Unit (DHU), dan terakhir Gas dialirkan ke konsumen. "Proses recovery CPP Gundih berfokus pada area Thermal Oxidizer (TOX), Optimasi Biological Sulfur Recovery Unit (BSRU) dan Maintenance & Preservasi CPP Gundih serta beberapa area lainnya," kata Agus dalam keterangan resminya, Jumat (10/7)

Agus bilang, progres setiap bagian pekerjaan tetap menunjukkan masih on the track. Seperti misalnya area TOX yang mencapai progress perbaikan 59%, kemudian optimasi BSRU sudah mencapai progress 83%, dan pekerjaan Maintenance & Preservasi mencapai 65%. Dan per 23 Juni 2020 yang lalu tahapan pembongkaran dan penurunan WHRU telah selesai 100%.

Sehingga secara keseluruhan, pekerjaan pemulihan CPP Gundih masih on the track. Agus optimistis pihaknya isa menyelesaikan seluruh rangkaian pekerjaan sesuai dengan tata waktu yang telah ditetapkan.

Agus menambahkan, sebanyak sekitar 125 orang yang bekerja di area CPP Gundih tetap menerapkan protokol pencegahan Covid19.

"Kami sangat memperhatikan aspek safety dalam pelaksanaan pekerjaan, termasuk juga kesehatan seluruh pihak yang terlibat dalam pekerjaan recovery CPP Gundih," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×