kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina kembangkan PLTBg di KEK Sei Mangkei


Selasa, 13 Oktober 2020 / 19:37 WIB
Pertamina kembangkan PLTBg di KEK Sei Mangkei
PLTBg Pertamina di KEK Sei Mangkei,?Simalungun, Sumatera Utara.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejalan dengan upaya pemerintah mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berbasis energi ramah lingkungan atau dikenal dengan Green Economic Zone, PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Power & New Renewable Energy (PNRE) telah berhasil membangun dan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) berkapasitas 2,4 megawatt (MW) di KEK Sei Mangkei, Simalungun, Sumatra Utara.

Keberadaan PLTBg tersebut merupakan salah satu upaya Pertamina Subholding PNRE untuk berkontribusi terhadap bauran energi nasional. 

Pengembangan biogas ini merupakan hasil kerja sama dengan skema Bangun Guna Serah antara Pertamina Subholding PNRE dan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III (Persero) dalam rangka sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Baca Juga: Pertamina menghadirkan Pertamax Turbo di Bangka Belitung

“Sebagai BUMN, Pertamina Subholding PNRE mengoptimalkan kesempatan bersinergi dengan PTPN III dalam mendukung visi dan misi pemerintah meningkatkan bauran energi nasional,” ujar Heru Setiawan, Chief Executive Officer Pertamina Subholding PNRE dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Selasa (13/10).

Sejak beroperasi pada 14 Januari 2020 hingga saat ini, PLTBg Sei Mangkei sudah menghasilkan listrik sebesar 6.923.140 kWh. Dengan produksi listrik sebesar itu, PLTBg tersebut dapat mengaliri listrik untuk kebutuhan para pengguna KEK yang dikelola oleh PTPN III, seperti Unilever dan lainnya.

Kehadiran PLTBg Pertamina Subholding PNRE juga sangat diminati mengingat beberapa calon mitra sudah mulai beranjak dan fokus pada Green Certificate yang mewajibkan penggunaan sumber listrik dari energi baru terbarukan (EBT) yang ramah lingkungan.

Bak gayung bersambut, PTPN III menyambut antusias momen tersebut melalui kerjasama kembali dengan Pertamina Subholding PNRE dalam pengembangan PLTBg di wilayah lain.

Selain di KEK Sei Mangkei, PLTBg Pertamina Subholding PNRE juga hadir di PLTBg Kwala Sawit berkapasitas 1 MW dan Pagar Merbau berkapasitas 1 MW di atas lahan milik PTPN II yang terletak di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara dan telah beroperasi sejak akhir tahun lalu.

Selain melakukan pengembangan bisnis PLTBg dengan PTPN Group, Pertamina Subholding PNRE juga mulai bersiap mengembangkan bisnis Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di beberapa wilayah, termasuk di KEK Sei Mangkei yang saat ini sudah dalam tahap konstruksi dengan kapasitas sebesar 2 MWp.

Baca Juga: Pertamina gelar promo beli Pertamax dapat diskon Rp 250 per liter

“Demi mempersiapkan diri menghadapi new market demand yakni kebutuhan akan energi ramah lingkungan, Pertamina Subholding PNRE terus meningkatkan perannya tidak hanya melalui PLTBg, melainkan juga melalui kehadiran PLTS dan teknologi energi ramah lingkungan lainnya,” tutup Heru.

Selanjutnya: Gencarkan eksplorasi dan eksploitasi, Pertamina buru produksi 880.000 BOEPD

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×