kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina: Stok BBM Darat, Laut, dan Udara Aman Untuk Arus Mudik Lebaran


Jumat, 06 Mei 2022 / 11:28 WIB
Pertamina: Stok BBM Darat, Laut, dan Udara Aman Untuk Arus Mudik Lebaran
ILUSTRASI. Pertamina menjamin ketersediaan dan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) pasca lebaran.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina (Persero) menjamin ketersediaan dan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) pasca Idul Fitri 2022 (1443 H). Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina, Mulyono mengatakan, pengecekan persiapan menghadapi arus balik mudik Lebaran Idul Fitri 2022 telah dilakukan terhadap semua lembaga penyalur yang ada di jalur mudik.

Dari pantauan di lapangan itu, lanjut Mulyono, semua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) siap dengan ketersediaan BBM yang dinilai dalam kondisi aman.

"Kami sudah lakukan pengecekan mulai dari H+1 Lebaran dalam rangka persiapan arus balik. Para Perwira (pekerja Pertamina) di lapangan dan SPBU yang ada di jalur mudik sepanjang pulau Jawa semua sudah siap dan aman," kata pria yang juga merupakan Ketua Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (Satgas Rafi) Pertamina 2022 tersebut.

Baca Juga: Menhub Prediksi Ada Pengurangan Kepadatan Pada Puncak Arus Balik Mudik

Mulyono menerangkan bahwa Pertamina menerapkan kebijakan agar ketersediaan atau stok BBM di tangki tanam di SPBU minimal dalam posisi 80% dari kapasitas  tangki timbun untuk menjamin ketersediaan atau stok BBM di SPBU. Tidak hanya itu, Pertamina juga menyiapkan  SPBU kantong, yaitu mobil tangki berisi BBM yang siaga jika dibutuhkan.

Untuk itu, Mulyono mengimbau kepada masyarakat yang melakukan perjalanan arus balik mudik untuk tenang dan tidak merasa khawatir akan kekurangan BBM di SPBU.

"Masyarakat tidak perlu khawatir karena Pertamina telah memastikan stok BBM untuk arus balik aman. Tidak hanya untuk moda transportasi darat, namun juga untuk moda transportasi laut dan udara kami telah pastikan mencukupi," imbuh dia.

Baca Juga: Puncak Arus Balik Lebaran 2022, Pembelian BBM di Rest Area Dibatasi

Mulyono memastikan, peninjauan dan pengecekan ketersediaan BBM akan terus dilakukan. Selain melakukan peninjauan di lapangan, jajaran direksi dan manajemen Pertamina juga melakukan pemantauan data ketersediaan dan penyaluran BBM lewat Pertamina Integrated Enterprise Data and Center Command (PIEDCC).

Catatan saja, PIEDCC merupakan pusat informasi penyaluran energi mulai dari upstream, kilang, perkapalan, terminal BBM, hingga SPBU selama 24 jam secara realtime.

“Kami juga punya Satgas Rafi yang yang akan terus siaga dan bekerja maksimal hingga seminggu setelah Lebaran. Tim ini siaga 24 jam dalam menjamin ketersediaan dan penyaluran energi yang aman untuk masyarakat," imbuh Mulyono.

Baca Juga: Bisa Melebihi Target, Asumsi Inflasi di APBN 2022 Bisa Direvisi

Pertamina memastikan bahwa ketersediaan stok BBM di lebih 7.000 SPBU berikut 1.370 SPBU di wilayah jalur potensial (jalur tol, jalur wisata, jalur logistik) berada dalam kondisi aman dalam menghadapi arus mudik Lebaran Idul Fitri 2022 ini. Selain itu, Pertamina juga menyiagakan lebih dari 48 ribu agen dan outlet LPG hingga 24 jam khusus di wilayah dengan permintaan tinggi saat Ramadan dan Idul Fitri.

Pertamina juga mengoperasikan 84 Kiosk Pertamina Siaga yang tersebar di 47 lokasi menyediakan Pertamax dan Dex series. Motorist, yakni layanan antar untuk BBM (Pertamax/Dex series) untuk konsumen di lokasi-lokasi macet juga disiapkan sebanyak 339 unit. Mobil tangki yang disiagakan sebagai kantong/cadangan suplai BBM juga disiapkan hingga 154 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×