kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina Trans Kontinental Jalin Kerja Sama Bisnis dengan Pelindo Jasa Maritim


Rabu, 01 Februari 2023 / 11:15 WIB
Pertamina Trans Kontinental Jalin Kerja Sama Bisnis dengan Pelindo Jasa Maritim
ILUSTRASI. Pertamina Trans Kontinental Jalin Kerja Sama Bisnis dengan Pelindo Jasa Maritim Perluas Jasa Marine


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) menjalin kerja sama dengan PT Pelindo Jasa Maritim (PJM) dengan menandatangani Perjanjian Induk Kerja sama Layanan Jasa Marine untuk memperkuat dan memperluas layanan jasa marine di Indonesia. 

Perjanjian induk ini merupakan bentuk kolaborasi dalam ekosistem bisnis terintegrasi yang meliputi pelayanan pemanduan dan penundaan kapal, pelayanan docking kapal, pelayanan Oil Spill Response (OSR), pelayanan bunkering services, pelayanan ship handling

Kemudian pelayanan marine infrastructure & facility maintenance, pelayanan salvage, pelayaran underwater services, pelayanan dredging, pelayanan ship agency, pelayanan Ship to Ship (STS) Support Provider, serta pelayanan waste management.

Baca Juga: Begini Strategi Pertamina Trans Kontinental Dukung Pasokan LPG dan BBM

Direktur Utama Pertamina Trans Kontinental,  Nepos MT Pakpahan menyampaikan, penandatanganan kerja sama ini akan membawa kebaikan bagi kedua belah pihak. 

“Di samping nanti ada segmen bisnis lain yang bisa kita kerja samakan, itu banyak ada oil spill response, ada repair kapal, ada dredging. Apabila sinergi sudah berjalan, kita dapat menjadi market leader untuk dredging di Indonesia ini,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (1/2). 

Direktur Utama Pelindo Jasa Maritim, Prasetyadi menambahkan, akhirnya pihaknya bisa menuntaskan atau melakukan penandatanganan perjanjian inti ini setelah cukup panjang perjalanannya. 

“Terima kasih banyak telah di-support dan juga selama ini kerja sama untuk pembahasan dalam kegiatan bisnis dengan kondisi kondusif. Mudah-mudahan ke depan untuk planning kerja sama di operasional bisa dapat lebih baik lagi,” ujarnya. 

Arief Hermawan selaku Group Head Pelayanan Kapal mewakili Direktur Pengelola PT Pelabuhan Indonesia (Persero) mengatakan, saat ini setelah evaluasi, BUP swasta untuk pelayanan, pemanduan, dan penundaan itu sudah ada 55 BUP tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan yang BUMN-nya itu hanya empat. 

“Empat itu sebetulnya kami menghadapi yang 55. Di sinilah pentingnya bersinergi antara BUMN. Mudah-mudahan dengan kerja sama ini, kita akan lebih menunjukkan kembali bahwa kita itu bisa berkomitmen untuk melaksanakan pelayanan marine dengan sebaik-baiknya,” ujarnya. 

Baca Juga: Perkuat Layanan Jasa Marine, Pertamina Trans Kotinental Gandeng Pelindo

Didasarkan oleh cakupan wilayah operasi Pertamina Trans Kontinental dan Pelindo Jasa Maritim yang cukup luas dan strategis. Kedua belah pihak menyepakati beberapa lokasi sebagai pilot project untuk mengimplementasikan kerja sama yaitu Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Cilacap, Pelabuhan Biak, Pelabuhan Kupang, Pelabuhan Pulau Sambu, Pelabuhan Sei Siak, Pelabuhan Pangkalan Susu, Pelabuhan Kijang, Pelabuhan STS Pontianak, dan Pelabuhan STS Teluk Semangka.

Evaluasi kerja sama akan dilaksanakan secara rutin sehingga kedua belah pihak dapat terus melakukan improvement dan development atas berbagai produk maupun layanan jasa marine yang akan di provide bagi customer.

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) merupakan Anak Usaha dari PT Pertamina International Shipping bagian Subholding Integrated Marine Logistic berpengalaman dalam bisnis Pelayaran, Jasa Maritim, Kepelabuhanan dan Logistik dengan bisnis yang didukung oleh Region / Area Kerja yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia akan terus berusaha bertransformasi dan tumbuh menjadi perusahaan jasa maritim yang terintegrasi dengan skala global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×