kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peternak berharap harga ayam naik ke level referensi Kemendag


Selasa, 02 Juli 2019 / 17:02 WIB
Peternak berharap harga ayam naik ke level referensi Kemendag


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga ayam mulai membaik. Kondisi disebabkan karena mulai berkurangnya stok serta serapan yang lancar. Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (Pinsar) bahkan memprediksi, minggu depan harga ayam sudah bisa kembali ke kisaran harga referensi yang ditetapkan pemerintah.

Ketua Umum Pinsar, Singgih Januratmoko pun mengapresiasi langkah Kementerian Perdagangan yang mendorong penyerapan ayam potong bagi kalangan ritel. Ia meyakini langkah ini membantu harga ayam bisa terus membaik ke depannya. “Memang lumayanlah. Semua full speed. Serapannya ramai, kemudian memang stoknya mulai berkurang,” ujarnya, Selasa (2/7).

Ia menjelaskan, kondisi jatuhnya harga ayam sudah mulai terasa sejak September 2018. Penyebabnya karena adanya oversuplai. “Memang kemarin itu stok di kandang banyak sekali. Jadi, harga ayam sampai Rp 5.000 per kilogram (kg) selama 2 mingguan,” tutur Singgih.

Namun saat ini, harga ayam sudah mulai menyentuh ke angka Rp15.000 per kg-16.000 per kg di Pulau Jawa. Harapannya dengan upaya tambahan terkait penyerapan ayam, harga ayam potong bisa kembali menyentuh harga referensi.

Dijelaskannya, Kementerian Perdagangan sebenarnya mengatur harga ayam potong di kisaran Rp 18.000 per kg-Rp 20.000 per kg. Penetapan tersebut tertuang dalam Permendag Nomor 96 Tahun 2018.

Singgih pun berharap harga ayam potong bisa kembali menyentuh harga referensi guna menutupi biaya produksi yang tinggi. Pasalnya, biaya produksi ayam potong disebut mencapai Rp18.500 per kg-Rp 19.000 per kg. Tingginya biaya produksi sendiri dikarenakan harga jagung yang dirasa masih mahal di kisaran Rp 4.500 per kg.

Untuk menaikkan harga ayam agar tidak merugikan peternak, Kemendag telah meminta kementerian dan instansi untuk menyerap pasokan daging ayam ras potong dari peternak. Tidak hanya itu, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) pun didorong melakukan hal yang sama.

“Semua upaya ini dimaksudkan untuk menstabilkan harga ayam ras potong," jelas Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Tjahya Widayanti.

Sebelumnya, untuk mengembalikan harga ayam ini, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengumpulkan beberapa pejabat di antaranya Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan Badan Urusan Logistik (Bulog) di kantornya, Senin (1/7).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×