kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PetroChina Buka Peluang Kelola Blok Migas Baru


Selasa, 19 Maret 2024 / 14:08 WIB
PetroChina Buka Peluang Kelola Blok Migas Baru
ILUSTRASI. Perusahaan minyak dengan produksi terbesar di dunia - PetroChina Company Limited


Reporter: Filemon Agung | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PetroChina International Jabung Ltd.  membuka peluang untuk menambah aset blok minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia.

Reservoir Engineering Manager PetroChina Jabung Wicaksono mengatakan, pihaknya selalu mengevaluasi peluang untuk pengembangan blok-blok migas baru.

"Harapan kami juga ke depan PetroChina memiliki tambahan blok-blok baru. Memang setiap tahunnya selalu kita evaluasi dan selalu kita diskusikan dengan headquarter di China," kata Wicaksono di Jakarta, Senin (18/3).

Baca Juga: PetroChina Mulai Tajak Sumur Eksplorasi Blok Jabung

Wicaksono mengatakan, pihaknya siap mengembangkan blok migas yang terletak di darat (onshore) maupun di laut (offshore).

Selain itu, PetroChina siap untuk mengembangkan blok migas baik yang berlokasi di wilayah Barat maupun Timur Indonesia selama didukung dengan jumlah cadangan signifikan dan akses yang cukup baik.

Tercatat, hingga 31 Desember 2023, produksi kumulatif Blok Jabung mencapai 423 juta barel oil equivalent (BOE) yang terdiri dari minyak sebesar 97,06 juta BOE, kondensat sebesar 61,25 juta BOE, LPG sebesar 112,37 juta BOE dan gas sales sebesar 152,48 juta BOE.

Demi menjaga kinerja produksi, PetroChina telah melakukan tajak sumur eksplorasi NEB BASEMENT-3 pada 16 Maret 2024.

Upaya ini dilakukan dalam rangka pemenuhan komitmen kerja pasti (KKP), menemukan cadangan migas baru dan memenuhi kebutuhan energi nasional dengan dilaksanakannya pemboran di area blok Jabung.

Sumur NEB BASEMENT-3 terletak di Lapangan Northeast Betara, Sumatra Selatan. Sumur eksplorasi tersebut akan dibor dengan desain lubang miring/ berarah menggunakan Rig GW-265 (2000 HP) dengan rencana kedalaman akhir sumur di 10.431 ftMD.

Baca Juga: PetroChina Lanjutkan Survei Seismik Blok Jabung

Pemboran eksplorasi ini dimaksudkan untuk menguji dan mengevaluasi potensi kandungan migas pada batuan dasar (basement) lapangan Northeast Betara.

Setelah penyelesaian pemboran hingga kedalaman akhir, akan dilanjutkan dengan uji kandung lapisan & komplesi sumur.

Saat ini status operasi pemboran sumur NEB BASE-3 sedang melakukan pemboran lubang vertikal 17-1/2” sampai kedalaman 2400 ft MD. Program pemboran sumur NEB BASE-3 diperkirakan akan dilaksanakan hingga 50 hari ke depan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×