kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Petrokimia Gresik kaji pendirian pabrik pupuk kieserite


Sabtu, 12 Juni 2021 / 11:43 WIB
Petrokimia Gresik kaji pendirian pabrik pupuk kieserite
ILUSTRASI. Penyaluran?pupuk Petrokimia Gresik


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anak usaha PT Pupuk Indonesia, Petrokimia Gresik, menggandeng PT Polowijo Gosari Indonesia melakukan kajian bersama untuk rencana pembangunan pabrik pupuk kieserite. 

Penandatanganan kesepakatan telah dilakukan oleh Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo bersama Direktur Utama Polowijo Gosari Indonesia Deddy Harnoko Sucahyo.

Dwi menjelaskan, rencana pembangunan pabrik pupuk kieserite ini merupakan wujud dukungan perusahaan untuk mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor. Saat ini kebutuhan pupuk kieserite domestik sepenuhnya dipenuhi melalui impor. 

Dalam 5 tahun terakhir, impor pupuk kieserite sekitar 80.000 ton per tahun dengan harga sekitar Rp 2,1 juta per ton.

"Saat ini belum ada pabrik pupuk kieserite di Indonesia, sehingga pabrik ini nantinya akan menjadi yang pertama di tanah air," kata Dwi dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (12/6). 

Lebih lanjut, Dwi bilang, pupuk kieserite banyak digunakan pada pertanian hortikultura antara lain komoditas kopi, karet, dan kelapa sawit. Terlebih saat ini lahan pertanian sawit di Indonesia mencapai 14 juta hektare (ha) dengan perkirakan kebutuhan kieserite sekitar 2 juta ton per tahun.

Baca Juga: Pupuk Indonesia cetak rekor kinerja produksi dan penjualan di 2020

Menurut dia, ini merupakan ceruk pasar yang potensial untuk dikembangkan, dan juga menjadi dukungan perusahaan terhadap optimalisasi pertanian Indonesia dalam rangka menjaga ketahanan pangan nasional.

Pupuk kieserite atau magnesium sulfat merupakan salah satu sumber positif untuk unsur hara magnesium dan belerang. Selain berasal dari hasil tambang, kieserite juga bisa didapatkan melalui reaksi dan sintesa antara dolomit dengan asam sulfat.

Asak tahu saja, Polowijo Gosari Indonesia memiliki deposit dolomit dengan kandungan magnesium sekitar 18-20%. Sedangkan, Petrokimia Gresik memiliki fasilitas produksi asam sulfat dengan total kapasitas mencapai 1,1 juta ton per tahun. 

Sehingga pembangunan pabrik pupuk kieserite tidak hanya memberikan keuntungan finansial, tapi juga menciptakan nilai tambah adanya kerja sama yang baik antara Petrokimia Gresik dan Polowijo Gosari Indonesia.

"Produksi kieserite tentunya akan menambah nilai manfaat dari dolomit Polowijo Gosari Indonesia dan asam sulfat dari Petrokimia Gresik," tandasnya.




TERBARU

[X]
×