Reporter: Issa Almawadi | Editor: Dikky Setiawan
JAKARTA. Meski pangsa pasar terbatas di bisnis roda dua, tak membuat PT Piaggio Indonesia (PID) ongkang-ongkang kaki. Demi menangkap peluang baru, agen pemegang merek (APM) produk roda dua Piaggio dan Vespa tersebut menambah varian produknya. Tak tanggung-tanggung, mereka membawa empat produk baru tahun ini.
Marco Noto La Diega, Presiden Direktur PID menyebutkan, peluncuran produk baru untuk memenuhi permintaan skuter di Indonesia. "Keempat skuter baru kami menjadi tambahan penting bagi lini produk Piaggio Indonesia," terang La Diega, Rabu (25/5).
Empat produk baru tersebut antara lain Piaggio Liberty, Piaggio Medley, Vespa Sprint, dan Vespa Primavera. La Diega bilang, bertambahnya pilihan produk itu membuat konsumennya memiliki banyak pilihan untuk menunggangi skuter.
Rakhmat Cahyo Pratomo, Direktur Aftersales PID menambahkan, penambahan varian baru dari skuter matik premium tersebut bisa meningkatkan pangsa pasar skuter di Indonesia. Meski penjualan sepeda motor secara umum turun, namun Rakhmat percaya diri penjualan Vespa dan Piaggio tetap tumbuh.
Bahkan dia menilai, angka penjualan PID naik terus setiap tahunnya sejak tahun 2011 silam. Sayang, Rakhmat enggan mengungkapkan, jumlah penjualan maupun angka pertumbuhan penjualan produk-produk PID tersebut.
"Pertumbuhan penjualan cukup (positif). Peluang selalu ada meski segmen kami eksklusif," jelasnya.
Pertumbuhan penjualan PID setidaknya terlihat dari ekspansi diler yang terus dilakukan oleh pihak prinsipal. Igor H.O. Panjaitan, Sales & Dealer Development Director PID menambahkan, PID selalu menambah jaringan diler setiap tahunnya.
Sampai saat ini, PID telah memiliki 35 jaringan diler resmi dan satu MotoPlex sebagai toko konsep global. Dari jumlah diler tersebut, sebagian besar jaringan distribusi masih terkonsentrasi di Pulau Jawa.
"Untuk jaringan diler baru selanjutnya, kami akan mencoba cari peluang di Pulau Sumatera. Jumlahnya, masih rahasia," kata Igor.
Sebagai gambaran, selain memasarkan varian produk Piaggio dan Vespa, PID sudah mulai memasarkan merek motorbike dan superbike Moto Guzzi dan Aprilia sejak akhir 2015. Untuk melengkapi layanan penjualan, PID pun telah memiliki training center yang berlokasi di Cakung, Jakarta Timur.
Bagi Piaggio Grup Indonesia menjadi pasar yang cukup penting bagi produk mereka. La Diega pernah mengatakan, Indonesia jadi pasar terbesar kedua di Asia bagi skuter matik asal Italia tersebut. Bahkan, Indonesia menjadi pasar nomor satu di Asia dalam hal penjualan aksesori original Vespa dan Piaggio.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News