kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PJB Access, platform digital B to B dari anak usaha PLN


Selasa, 12 Januari 2021 / 22:50 WIB
PJB Access, platform digital B to B dari anak usaha PLN
ILUSTRASI. PLN melalui Anak Perusahaan Pembangkitan Jawa Bali (PJB) a


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) mengikuti jejak induk usahanya yakni PT PLN (Persero) dalam meluncurkan layanan digital yang dapat diakses melalui smartphone.

Jika sebelumnya PLN merilis New PLN Mobile, kini PT PJB secara resmi meluncurkan layanan PJB Access, sebuah platform digital Business to Business (B2B) yang menawarkan layanan-layanan PJB bagi industri ketenagalistrikan, energi dan utilitas lainnya serta industri skala kecil hingga besar.

Plt Direktur Utama PT PJB, Sugiyanto menyampaikan bahwa kehadiran PJB Access merupakan salah satu inisiatif PJB dalam melakukan transformasi digital terhadap layanan yang dimilikinya.

Sebagai anak perusahaan, PJB Access juga merupakan komitmen PJB terhadap "customer focused", sebagai bagian dari 4 strategic goals PLN.

"Di tahun 2021 PJB siap membuat terobosan dengan meluncurkan PJB Access, sebuah platform digital yang mengintegrasikan berbagai layanan unggulan dari PJB. Ke depannya PJB Access diharapkan dapat berkembang selaras dengan aplikasi New PLN Mobile” terang Sugiyanto dalam acara peluncuran yang digelar secara virtual, Selasa (12/1).

Berisi enam fitur utama, PJB Access menawarkan lima layanan unggulan. Yakni EAM (Enterprise Asset Management), iCore (Digital Power Plant), Maintenance Repair & Overhaul (MRO), Strategic Partnership, dan Green Energy.

Baca Juga: Bisa lebih efisien, PJB meluncurkan aplikasi PJB Access untuk para rekanan usaha

Selain itu, untuk mendukung kompetensi keilmuan, PJB Access juga menyediakan layanan Learn dalam bentuk pelatihan ataupun webminar. Learn ini sebagai layanan supporting yang bisa didapatkan secara bundling dari lima layanan yang ditawarkan sebelumnya.

Direktur Niaga dan Pengembangan dan Bisnis PJB Iwan Purwana menjelaskan, layanan Digital Power Plant atau ICORE menunjukkan fokus PJB dalam revolusi industri 4.0 untuk menawarkan teknologi Advanced Analytic di beberapa pembangkit supaya lebih efisien dan handal.

Lalu, layanan Enterprise Asset Management (EAM) menjadi sistem kerja mulai dari tata kelola, proses bisnis sampai aplikasi yang dibutuhkan pelanggan untuk operasional pembangkit atau industri. Layanan ini pun telah tersertifikasi ISO 550001.

PJB Access juga mencakup MRO yang mampu melayani kebutuhan industri atau pembangkit skala besar hingga skala kecil dengan harga terjangkau.

"Strategic Partnership atau IPP, PJB juga telah berhasil melakukan kerja sama proyek seperti PLTU Ultra Super Critical Jawa-7 sebagai PLTU termurah dengan teknologi tercanggih di Indonesia" ungkap Iwan.

Sedangkan untuk Green Energy, PJB terus mewujudkan pembangkit yang ramah lingkungan mulai Co-Firing, Pembangkit PV Solar Terapung Cirata sebagai yang terbesar di Asia Tenggara, dan layanan Solar Rooftop bagi konsumen industri.

Sebagai pilihan yang melengkapi lima produk PJB Access di atas, customer yang membutuhkan bundling bisa memperoleh penguatan kompetensi, skill operasi dan pemeliharaan, sampai kemampuan enjinering.

"Maka PJB telah memiliki expert-expert yang telah banyak digunakan mulai dari pembangkit sampai industri sejenis," jelas Iwan.

Baca Juga: Pembangkit Jawa Bali (PJB) fokus rampungkan ujicoba 13 pembangkit cofiring biomassa

Sementara itu, Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo yang hadir dalam peluncuran PJB Access optimistis platform ini dapat memberikan layanan yang lebih ringkas, cepat dan efisien sehingga semakin mendekatkan customer kepada PJB.

"PJB Access menjadi platform terdepan dalam mempersingkat proses yang berbelit menjadi ringkas, sehingga semua layanan yang ditawarkan PT PJB dapat dengan mudah dilihat, dikenali, dan dipesan hanya melalui perangkat seluler pelanggan," ungkapnya.

Terlebih, PJB Access juga memiliki fitur live chat sehingga calon customer dapat bertanya langsung terkait detail layanan dan penjelasan lain yang dibutuhkan. PJB Access sendiri dapat diakses melalui gadget, lewat tautan www.ptpjb.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×