kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,20   -27,53   -2.86%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Plastic Bank Merevolusi Akses BPJS Kesehatan Bagi Pemulung di Indonesia


Selasa, 05 Maret 2024 / 17:50 WIB
 Plastic Bank Merevolusi Akses BPJS Kesehatan Bagi Pemulung di Indonesia
ILUSTRASI. Plastic Bank


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak 3.094 anggota komunitas pengumpul plastik beserta keluarganya yang tersebar di 10 provinsi di Indonesia sudah memiliki akses terhadap layanan kesehatan gratis melalui kerjasama antara Plastic Bank dan BPJS Kesehatan.

Model usaha Plastic Bank yang revolusioner tidak hanya bertujuan untuk menghentikan polusi plastik tapi juga mengentaskan kemiskinan.

Sejak tahun 2021, Plastic Bank telah membayar iuran bulanan BPJS Kesehatan para anggotanya beserta keluarga mereka yang menggunakan sampah plastik sebagai mata uang.

Baca Juga: Aladin Berkolaborasi dengan Plastic Bank Cegah 20.000 kg Sampah Plastik Cemari Lautan

Program BPJS Kesehatan gratis ini terbuka untuk seluruh anggota aktif Plastic Bank, yang sudah terdaftar selama minimal 3 bulan dan mengumpulkan plastik daur ulang minimal 50 kilogram setiap bulannya.

Melalui program Jaminan BPJS Kesehatan tersebut, anggota komunitas Plastic Bank mendapatkan akses layanan kesehatan penuh, termasuk rawat jalan dan rawat inap, serta layanan kesehatan mental.

Program ini turut mengurangi kekhawatiran anggota komunitas jika mengalami sakit  dan juga kekhawatiran akan biaya pengobatan.

“Sebagai seseorang yang mengidap penyakit paru-paru, kemampuan saya untuk bekerja dan mencari nafkah menjadi sangat terganggu. Dengan adanya BPJS Kesehatan yang didaftarkan dan dibayarkan oleh Plastic Bank, saya bisa mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan gratis. Dari pengobatan yang saya lakukan secara rutin, kini kesehatan saya semakin membaik sehingga saya dapat bekerja dan menafkahi istri dan anak saya kembali,” kata Asis Wijayanto, salah satu anggota komunitas Plastic Bank di Tabanan, Bali, sekaligus penerima BPJS Kesehatan gratis dalam siaran persnya, Selasa (5/3).

Baca Juga: OJK Mencatat Aset BPJS Kesehatan Alami Penurunan pada Januari 2024

“Program BPJS Kesehatan gratis ini merupakan bagian dari komitmen Plastic Bank untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas pengumpul plastik yang sering kali termarginalkan padahal mereka memiliki peran yang sangat penting dalam melestarikan lingkungan. Kami juga berkomitmen untuk mengentaskan kemiskinan dengan memberdayakan komunitas yang mengumpulkan plastik daur ulang dan menukarnya dengan pendapatan serta berbagai manfaat sosial lainnya sehingga turut meningkatkan tingkat daur ulang di Indonesia,” tegas Frederick Saman, Country Manager Plastic Bank Indonesia.

Selain memfasilitasi pendaftaran dan menanggung iuran bulanan bagi anggota dan keluarganya, Plastic Bank bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai berbagai manfaat jaminan kesehatan tersebut. Upaya tersebut dilakukan baik melalui sesi online maupun offline.

Meskipun pemerintah memberikan perlindungan kepada masyarakat kurang mampu melalui BPJS Kesehatan segmen PBI APBN, tetapi masih banyak masyarakat kurang mampu seperti komunitas pemulung yang belum terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Baca Juga: Jumlah Peserta BPJS Kesehatan Capai 267,31 Juta Orang Hingga Akhir Tahun 2023

Program BPJS Kesehatan gratis bagi anggota Plastic Bank tersebut didanai melalui Impact Program Plastic Bank, dimana Plastic Bank bermitra dengan perusahaan lokal maupun global yang mendukung upaya pengumpulan dan daur ulang plastik dengan membeli plastic credit dari Plastic Bank sekaligus mengurangi jejak plastik mereka.

Program ini bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan, menghentikan polusi plastik, dan meningkatkan kesejahteraan komunitas pengumpul sampah di Indonesia.

Plastic Bank mendorong lebih banyak perusahaan, pelaku bisnis, dan wirausaha sosial untuk bergandengan tangan dalam menghentikan polusi plastik dan meningkatkan taraf hidup anggota komunitas pengumpul sampah di seluruh Indonesia melalui peningkatan pendapatan, layanan kesehatan serta layanan sosial lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×