kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN alirkan listrik ke enam desa di Mimika, Papua


Rabu, 02 Desember 2020 / 19:07 WIB
PLN alirkan listrik ke enam desa di Mimika, Papua
Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob?secara simbolis menyalakan listrik warga.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang akhir tahun, PT PLN (Persero) terus menggenjot penyambungan listrik ke desa-desa di Papua. Kali ini PLN mengalirkan setrum ke enam desa di Distrik Mimika Barat, Kabupaten Mimika, Papua. Keenam desa tersebut adalah Desa Kokonao, Migiwia, Kiura, Mimika, Atapo, dan Apuri.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Abdul Farid menyampaikan, ada 540 kepala keluarga (KK) yang tinggal di enam desa itu dengan total 314 KK telah terdaftar sebagai pelanggan PLN dan telah memperoleh listrik. Seluruh pelanggan tersebut merupakan warga kurang mampu, sehingga biaya pemasangan listrik akan dibayarkan menggunakan dana desa.

"Ke depan, semoga dengan adanya listrik ini dapat memiliki dampak yang positif, dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan kualitas kehidupan, dan membangun daerahnya menjadi lebih baik," kata Farid lewat keterangan tertulisnya, Rabu (2/12).

Baca Juga: PLN perpanjang promo diskon tambah daya bagi UMKM hingga akhir tahun

Di tengah pandemi, kata Farid, PLN membangun  1,95 kms jaringan tegangan menengah, 8,79 kms jaringan tegangan rendah, 3 unit gardu serta 1 mesin pembangkit kapasitas 1x100 kW.

Memiliki penduduk asli dari Suku Kamoro, Distrik Mimika Barat didominasi dengan geografis berupa tanah rawa dan sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai nelayan.

Berjarak sekitar 90 km dari Timika, distrik ini dapat ditempuh selama lebih kurang 3 jam perjalanan. Dimulai dengan menempuh jalur darat sekitar 1 jam hingga Pomako, kemudian dilanjutkan menggunakan perahu selama 2 jam hingga tiba di Kokonao.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob menyampaikan, upaya melistriki Distrik Mimika Barat bermula saat Ia berkoordinasi dengan PLN terkait permintaan masyarakat di distrik tersebut. "Satu minggu kemudian, pihak PLN telepon dan pastikan keenam kampung tersebut akan segera dilistriki," tutur Johannes.

Adapun, dalam lima tahun terakhir, Rasio Elektrifikasi pada Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat meningkat sebanyak 46,07%. Dari sebelumnya 49,66%, sekarang sudah 95,73%. Capaian tersebut berkisar pada 1.010.531 pelanggan rumah tangga.

Selanjutnya: PLN sambungkan listrik gratis bagi 2.635 keluarga di NTT, Papua, dan Papua Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×