kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN dan Pelindo III sambungkan listrik 1.385 kVA di Pelabuhan Tajung Intan


Minggu, 20 September 2020 / 06:55 WIB
PLN dan Pelindo III sambungkan listrik 1.385 kVA di Pelabuhan Tajung Intan
ILUSTRASI. GISTET 500 kV Tambun 2 dan SUTET 500 kV Tambun 2 Incomer


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PLN (Persero) melakukan penyalaan pasang baru shore connection Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, Jawa Tengah dengan daya 1.385 kVA. Shore connection adalah jaringan listrik yang dipasang di dermaga untuk dipergunakan oleh kapal yang bersandar di pelabuhan.

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut nota kesepahaman (MoU) dan bentuk sinergi bersama antara PLN dengan Pelindo III mengenai penyediaan tenaga listrik di lingkungan terminal pelabuhan milik Pelindo III. Penyalaan dengan daya 1.385 kVA ini merupakan tahap pertama dari target daya sebesar 5.500 kVA sesuai dengan MoU.

General Manager Pelindo III Sutopo mengatakan dengan sambungan listrik dari PLN akan menghemat biaya BBM sampai dengan 50%. Lantaran penggunaan energi listrik dari PLN ini bisa mengefisiensi biaya Bahkan Bakar Minyak (BBM). 

"Harapannya tidak hanya Cilacap saja tapi semua pelabuhan di Pelindo akan bekerjasama dengan PLN,” ungkapnya lewat keterangan tertulis, Sabtu (19/8).

Baca Juga: Akusisi Tambang Batubara PLN Menunggu RUPTL 2020-2029 Disahkan

Sedangkan menurut General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah & DI Yogyakarta, Feby Joko Priharto, proses penyambungan listrik ini bukan tanpa tantangan. Tim dari PLN dituntut menyelesaikan pekerjaan dengan batas waktu 3 hari dan harus memasang sambungan kabel bawah tanah sepanjang 350 meter yang penuh dengan beton.

Menurut Feby, penyambungan baru ini sejalan dengan nilai transformasi PLN yaitu ‘Green’, yang mana perusahaan setrum plat merah ini mendorong upaya penyediaan energi yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

"Dengan adanya listrik dari PLN, saat ini jika ada kapal yang bersandar tidak perlu lagi menggunakan BBM untuk membangkitkan listriknya,” ujar Feby.

Selanjutnya: Ini daftar 8 BUMN yang akan mendapat PMN Rp 37,38 triliun di tahun depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×