kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

PLN pantau kondisi listrik rumahsakit darurat corona di Wisma Atlet


Sabtu, 21 Maret 2020 / 20:56 WIB
PLN pantau kondisi listrik rumahsakit darurat corona di Wisma Atlet
ILUSTRASI. Relawan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengoperasikan mobil pemadam kebakaran untuk menyemprotkan disinfektan di kompleks Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/3/2020). Pemerintah menyiapkan Wisma Atlet Kemayoran sebagai rumah sakit dar

Reporter: Dimas Andi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) melakukan pemantauan serta inspeksi kelistrikan di Wisma Atlet yang saat ini sudah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai rumahsakit darurat dan ruang isolasi bagi pasien virus corona pada Sabtu (21/3).

PLN menyiapkan kebutuhan energi listrik secara khusus di kompleks Wisma Atlet dengan memasok dari 2 sub sistem yang berbeda dan dilengkapi Automatic Change Over (ACO). Alhasil, apabila sumber listrik utama mengalami ganggguan, maka akan secara otomatis dipindah ke sumber cadangan.

Baca Juga: Jokowi: Wisma Atlet Kemayoran siap jadi rumah sakit corona mulai Sabtu malam

Listrik dari sub sistem ini masuk ke 3 gardu distribusi dengan total daya 11.080 KVA untuk kemudian dialirkan ke tower-tower di komplek Wisma Atlet. Selain itu, adapula penambahan daya sebesar 3500 VA yang dialirkan untuk pos keamanan dan dapur umum.

Khusus wilayah Jakarta dan sekitarnya, PLN juga sudah menyiagakan 2.371 personel yang siap mengamankan kelistrikan terutama di tempat-tempat penting penanganan virus Corona saat ini.

"PLN akan terus memberikan pelayanan kelistrikan yang terbaik untuk bangsa dan negara khususnya dalam kondisi menghadapi pandemi COVID-19 saat ini," ungkap Direktur Bisnis Regional Jawa Madura Bali PLN Haryanto WS dalam siaran pers yang diterima Kontan,co.id, Sabtu (21/3).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Ikhsan Asaad menambahkan, pada dasarnya PLN berupaya mendukung program pemerintah dalam rangka pengobatan dan isolasi pasien virus Covid-19 dengan membuat Rumah Sakit Darurat dan Ruang Isolasi Corona di Wisma Atlet.

Dalam pelaksanaan pekerjaan di lapangan, petugas PLN telah dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD), termasuk masker dan hand sanitizer. Petugas juga bekerja secara split work sebagai langkah social distancing. Pengaturan jarak antar petugas dan juga dengan orang lain di lapangan juga diterapkan oleh petugas PLN saat menjalankan tugasnya.

Lebih lanjut, rumah sakit rujukan bagi pasien corona juga menjadi pantauan utama PLN dalam keandalan listriknya. "Petugas PLN selalu sedia di lokasi untuk memastikan listrik tersalurkan dengan cukup dan andal," kata Ikhsan.

Tak ketinggalan, petugas PLN tetap siaga 24 jam menjaga keandalan pasokan listrik di Jakarta dan sekitarnya, sehingga warga Jakarta bisa nyaman dalam menjalankan aktivitas dari rumah atau work from home (WFH).

Baca Juga: Jokowi: Saya akan menggerakkan seluruh kekuatan mengatasi virus corona

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×