kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,46   -4,42   -0.49%
  • EMAS953.000 -0,83%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

PLN resmikan trafo gardu induk di Madura


Selasa, 28 Juni 2016 / 13:58 WIB
PLN resmikan trafo gardu induk di Madura

Reporter: Emir Yanwardhana | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. PLN menambah kapasitas listrik di Jawa Timur dengan mengoperasikan 10 transformator (trafo) gardu induk dengan total daya sebesar 340 Mega Volt Ampere (MVA) serta membangun transmisi 150 kilo volt di Bangkalan, Madura.

Selasa ini (28/6), Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur dan Bali PLN Amin Subekti bersama Gubernur Jawa Timur Soekarwo meresmikan secara langsung pengoperasian 10 trafo di Bangkalan, sekaligus pemancangan pertama pembangunan transmisi 150 kilo Volt Bangkalan.

Amin Subekti mengatakan, dengan tambahan trafo ini, dapat meningkatkan pelayanan kelistrikan dan menambah kapasitas pasokan listrik di Jawa Timur. 

Selain itu, diharapkan dapat menjadi peluang bagi pelaku bisnis dan industri untuk mengembangkan usahanya di Jawa Timur.

“Dengan jaminan suplai energi listrik yang mencukupi dari PLN, memberikan kesempatan para pelaku bisnis dan investor untuk memajukan usahanya di Jawa Timur tanpa khawatir kekurangan listrik,” jelas Amin dalam keterangan tertulis yang diterima KONTAN, Selasa (28/6).

Selama April hingga Juni 2016 PLN berhasil membangun 10 trafo tegangan tinggi di wilayah Jawa Timur yang tersebar di sejumlah titik, yakni Segoromadu (Gresik), Sumenep, Altaprima (Gresik), Nganjuk, Pare (Kediri), Pier (Pasuruan), Bumicokro (Pasuruan), Ploso (Jombang), Ngoro (Mojokerto), dan Tanjung Awar-awar (Tuban).

Transmisi 150 kilo volt

Untuk memenuhi pertumbuhan kebutuhan tenaga listrik di Pulau Madura, PLN akan membangun jaringan transmisi listrik Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt.

Jaringan transmisi ini merupakan tambahan dari jaringan yang sudah ada yang menghubungkan Gardu Induk (GI) Bangkalan dengan GI Gilitimur dan GI Ujung/Kenjeran. 

Saat ini jaringan trasnmisi eksisting mampu mengalirkan daya sebesar 200 megawatt (MW) dengan beban sudah lebih dari 90% waktu Beban Puncak

Dengan adanya tambahan jaringan transmisi baru, akan menambah daya mampu pasok listrik sebesar 60 MW. Sehingga, kapasitas total daya mampu dari transmisi Bangkalan/Gilitimur - Ujung/Kenjeran akan meningkat menjadi 260 MW atau naik 30%.

Jaringan transmisi baru yang akan dibangun sepanjang 11,5 kilometer sirkuit ini ditopang oleh 31 tower konstruksi. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×