kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN Suplai Kebutuhan Listrik Untuk Kawasan Wisata Danau Toba, Termasuk Energi Bersih


Selasa, 06 Desember 2022 / 05:46 WIB
PLN Suplai Kebutuhan Listrik Untuk Kawasan Wisata Danau Toba, Termasuk Energi Bersih
ILUSTRASI. Wisatawan menggunakan jetski menikmati alam Danau Toba, Parapat, Sumatra Utara, Minggu (27/11/2022).


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PLN (Persero) akan menyuplai kebutuhan listrik untuk pengembangan kawasan DPSP Danau Toba dengan total 24,87 megawatt (MW) secara bertahap.

Sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba menjadi DPSP pertama di Indonesia yang mendapatkan pasokan energi bersih sebesar 10 megawatt hour (MWh) Renewable Energy Certificate (REC).

“Penggunaan REC bukan hanya keuntungan bagi pengelola, tapi experience dari wisatawan untuk ikut berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Ke depannya, seluruh kawasan ini juga akan mengusung green energy sustainable lewat kendaraan listrik,” ujar Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Jimmy Bernando Panjaitan dalam siaran pers, Minggu (4/12).

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatra Utara, Tonny Bellamy mengatakan Sumatra Utara memiliki potensi green energy terbesar di Indonesia. PLN berkomitmen untuk terus meningkatkan potensi untuk dimaksimalkan agar target Net Zero Emission (NZE) dapat dicapai di tahun 2060.

Baca Juga: PLN Pulihkan Jaringan Listrik 29 Ribu Pelanggan yang Terdampak Erupsi Gunung Semeru

“PLN siap mendukung program pemerintah NZE di tahun 2060, hingga kini realisasi bauran energi baru terbarukan di Sumatra sudah mencapai 40,06% dan kami akan terus berupaya meningkatkan bauran tersebut sesuai dengan potensi sumber daya alam di wilayah,” ujar Tonny.

Salah satu langkah lain yang dilakukan PLN untuk mencapai target NZE melalui Renewable Energy Certificate (REC). REC ini merupakan salah satu terobosan dalam Transformasi PLN untuk menghadirkan solusi bagi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pasokan energi bersih untuk mendukung operasionalnya. Lewat REC, PLN mendukung industri maupun pihak swasta untuk terlibat langsung dalam menjaga iklim.

Tonny menambahkan, PLN menyerahkan REC kepada DPSP Danau Toba sebagai dukungan PLN dalam mewujudkan pariwisata hijau. PLN juga sudah mengembangkan ekosistem hijau yang melihat dari sisi green tourism, green investment, dan green transportation.

“Dukungan terhadap green tourism, sudah bertahap dipenuhi, di seputaran kawasan Danau Toba sudah disediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang berlokasi di Parapat dan rencananya akan segera diresmikan SPKLU di Balige dan Pulau Samosir,” ungkap Tonny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×