kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN tunjuk Black & Veatch pimpin PLTB Lontar


Selasa, 24 November 2015 / 20:40 WIB
PLN tunjuk Black & Veatch pimpin PLTB Lontar


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Havid Vebri

JAKARTA. Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah memilih Black & Veatch untuk memimpin proyek perluasan Pembangkit Listrik Tenaga Batubara (PLTB) 315 MW Lontar. Black & Veatch akan mengerjakan proyek PLTB Longar bersama dengan mitra konsorsium Sumitomo Corporation (Sumitomo) dan PT Satyamitra Surya Perkasa (SSP).

"Konsorsium akan membangun pembangkit listrik secara aman, sesuai dengan jadwal dan anggaran yang ditetapkan. Selain itu sebagai pemimpin teknis EPC, kami akan berbagi dan mentransfer pengetahuan yang penting bagi para profesional dan mitra lokal, yakni PTSSP dan PLN," kata Mark McDermott, Associate Vice President dan Project Director, Black & Veatch dalam rilis yang diterima KONTAN Senin (23/11).

Proyek Lontar merupakan kontrak EPC pertama Black & Veatch langsung dengan PLN. Dalam proyek ini, Black & Veatch akan menggunakan program "constructability". Constructability merupakan teknik manajemen proyek tingkat lanjut yang diterapkan mulai dari tahap proposal, pengerjaan teknis, dan pengadaan serta keseluruhan proses pembangunan sehingga menghasilkan jadwal konstruksi yang terprediksi dengan lebih baik.

Program ini mengutamakan proses dan pola piker yang berorientasi kepada konstruksi keseluruhan proyek, mulai dari konsep teknis, hingga fabrikasi dan pengiriman. Semua pekerjaan sudah direncanakan dengan berorientasi pada konstruksinya.

"Constructability berfokus pada proses pembangunan pada area-area yang seringkali berbeda dengan kondisi di lapangan, seperti proses teknis dan desain. Hasilnya adalah pengalaman kerja di lapangan yang lebih lancar, mengurangi kesalahan, keterlambatan dan pembengkakan biaya," ujar JimSchneiders, Senior Vice President and Managing Director, Power EPC Asia yang berbasis di Jakarta.

Constructability adalah komponen utama pada proyek Lontar karena akan dibangun di samping unit yang telah ada dan masih beroperasi penuh. Hal ini mengharuskan adanya perencanaan yang cermat.

Hasilnya, perluasan proyek Lontar akan memungkinkan PLN untuk memasok pasokan listrik lebih tepat waktu bagi masyarakat Jakarta sebelum pembangunan Greenfield Site. Lontar juga akan menggunakan teknologi batubara terkini untuk mengoptimalkan efisiensi dan listrik yang dihasilkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×